• Berita Terkini

    Sabtu, 30 Desember 2017

    Seribu Lampion Bakal Semarakkan Malam Tahun Baru di Poncowarno

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Muspika Kecamatan Poncowarno bekerjasama dengan pemerintah desa se Kecamatan Poncowarno dan Karangtaruna Kecamatan Poncowarno akan menggelar Gebyar 1000 Lampion Apung Poncowarno. Gebyar lampion apung yang pertama di Kabupaten Kebumen itu bakal digelar bertepatan dengan malam pergantian tahun di Kedungdowo Adventure Park, Minggu (31/12/2017) malam.

    Camat Poncowarno Budiono mengatakan, Gebyar 1000 Lampion Apung Poncowarno tahun 2017 diselenggarakan dengan tujuan untuk memunculkan ikon baru di Kebumen. Acara ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi potensi wisata di Kecamatan Poncowarno yang sebenarnya begitu melimpah.

    "Bahwa kalau ada acara gebyar lampion apung adanya di Poncowarno, mengingat bahwa acara seperti ini belum ada yang melaksanakan khususnya di Kebumen,” kata Budiono, disela-sela persiapan acara tersebut di Poncowarno, Jumat (29/12/2017).

    Melalui acara tersebut, dia berharap dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Kecamatan Poncowarno pada umumnya dan di Desa Kedungdowo pada khususnya. Terlebih Desa Kedungdowo merupakan desa pionir dalam upaya pengembangan Kawasan Ekoagrowisata di Kecamatan Poncowarno.

    Koordinator kegiatan Gebyar 1000 Lampion Apung Poncowarno rahun 2017,  Wagio, menjelaskan pada acara nanti setidaknya akan ada 1000 lampion terapung di Sungai Wisata Kedungdowo Adventure Park.

    Lampion-lampion yang akan diapungkan nantinya dibuat oleh pemuda anggota karangtaruna di Kecamatan Poncowarno. Dari sebelas desa yang ada di Kecamatan Poncowarno, setiap Karangtaruna desa membuat 100 lampion untuk dikumpulkan oleh panitia. "Ada yang dibuat di masing-masing desa, ada juga yang dibuat bersama serempak beberapa desa yang dipusatkan pembuatannya di Aula Wisata Kedungdowo Adventure Park," terang Wagio.

    Selain lampion apung, lanjut dia, akan ada beberapa pertunjukan seni budaya tradisional lokal Kecamatan Poncowarno. Seperti pertunjukan kuda kepang dan  kesenian tayub. "Acara ini juga akan dimeriahkan dengan adanya pertunjukan organ tunggal serta stand kuliner produk lokal Kecamatan Poncowarno," tambah Wagio.

    Salah satu yang menarik dari acara ini nantinya yaitu pengunjung dapat ikut melepas lampion di sungai. Selain juga dapat berfoto di booth yang sudah disediakan penyelenggara, ataupun dapat berfoto bebas dengan pemandangan lampion apung yang khas dan langka tentunya. "Untuk mengikuti acara ini tidak dipungut biaya untuk tiket, acara ini gratis untuk siapa saja dan dari mana saja,"tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top