• Berita Terkini

    Sunday, December 3, 2017

    Pohon Rambutan "Menangis" Hebohkan Warga Cilongok Banyumas

    agusradarbanyumas
    BANYUMAS - Sudah dalam 10 hari terakhir, rumah milik Dulwahid (50) warga RT 2 RW 3 Desa Cilongok Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ramai dikunjungi warga. Itu setelah sebuah pohon rambutan milik Dul wahid terus mengeluarkan air dari daun dan ranting.

    Seperti pada Minggu (3/12/2017), bagian bawah pohon basah seperti sedang gerimis padahal cuaca cerah sehingga warga menyebutnya pohon menangis.

    Salah satu warga Wanto (52) mengatakan, sejak diketahui warga yang curiga dengan air yang menetes di sekitar pohon padahal cuaca sedang tidak hujan kenudian dicari sumbernya. Ternyata berasal dari pohon rambutan yang selalu mengeluarkan air.

    "Sejak saat ini, sampai hari ini banyak orabg yang berdatangan untuk melihat dari dekat pohon yang disebut warga sebagai pohon menangis. Warga juga masih oenasaran dengan fenomena tersebut dan masih belum menemukan jawaban,"katanya.

    Lebih lanjut Wanto mengatakan, pohon setinggi 10 meter berada di kebun yang juga dekat dengan pemukiman warga. Banyak masyarakat yang penasaran kemudian mencoba untuk berdiri di bawah pohon dan basah karena rintikan air dari pohon turun setiap saat walaupun saat tidak hujan.

    "Ada yang percaya mistik atau yang cuek dan ada yang datang dengan analisis sendiri. Yang jrlas, sampai saat ini warga masih penasaran karena tidak lazim ada pohon yang terus mengeluarkan air. Padahal pohon disekitarnya tidak seperti pohon rambutan tersebut,"jelasnya.

    Kepala BP3K Cilongok Sudjono menjelaskan kemungkinan pohon mengalami kelainan genetik. Untuk air yang terus keluar dimungkinkan berasal dari air yang seharusnya habis dalam proses fotosintesis tetapi justru air di pohon tersebut tudak habis sehingga kelebihan air tersebut keluar lewat daun atau ranting. (gus)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top