• Berita Terkini

    Monday, December 25, 2017

    Pasangan Independen Lolos Verfal Pilkada Tegal

    SYAMSUL FALAK/RATEG
    TEGAL- Meski masih dalam proses penghitungan tingkat kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menyatakan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota dari jalur independen dipastikan lolos verifikasi faktual (verfal). Sebab, jumlah total dukungan yang diserahkan untuk persyaratan mendaftar sebagai peserta Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) 2018 jumlahnya lebih dari cukup, yakni 20.012 dukungan.

    Komisioner KPU Kota Tegal Thomas Budiono menyampaikan, sesuai tahapan untuk bakal calon perseorangan yang disyaratkan yakni minimal 20 persen dari jumlah total pemilih dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014. Bahkan, dari hasil verifikasi faktual yang dilakukan sejak 12 hingga 25 Desember, sebagian besar masyarakat sudah menyatakan dukungan kepada bakal calon dari independen.

    "Dari jumlah total 28.178 dukungan, semua sudah di-verfal dan hasilnya dinyatakan lolos. Tapi, angka pastinya masih direkap," terangnya.

    Ketua KPU Agus Wijanarko mengatakan, dalam pelaksanaan verfal dukungan untuk bakal calon dari pasangan independen dinyatakan sudah selesai hingga tingkat Rukun Tetangga (RT). Menurutnya, mengacu hasil verfal tersebut nantinya akan menjadi patokan terkait sebaran dukungan dari empat kecamatan yang menjadi syarat mutlak dari jalur independen.

    "Terima kasih kepada masyarakat yang sudah membantu kelancaran proses verfal hingga tingkat RT," ujarnya.

    Sementara itu, Bakal Calon Wali Kota Tegal dari jalur perseorangan H A Ghautsun didampingi dr Muslih Dahlan mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi kinerja 162 personel yang diterjunkan KPU Kota Tegal untuk melakukan verifikasi faktual. Bahkan, sesuai sebaran jumlah dukungan di 27 kelurahan dan empat kecamatan, pihaknya tetap optimistis untuk terus menggalang dukungan dari masyarakat.

    "Meski ada yang dinyatakan gugur, hingga hari ini relawan Sahabat GSM masih terus mendulang dukungan dari masyarakat untuk jalur independen," pungkasnya. (syf/adi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top