• Berita Terkini

    Sunday, December 17, 2017

    Musim Hujan Ancam Keberlangsungan Ternak Lebah

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Musim hujan memang tidak begitu menjadi kendala bagi peternak lebah. Kendati demikian pada musim ini peternak harus ekstra dalam mengontol stup (kotak lebah). Pasalnya jika tidak rajin melakukan kontrol bisa jadi keberlangsungan hidup lebah akan terganggu.


    Albait Nurfaozi (28) peternak lebah warga RT 1 RW 1 Desa Kebulusan Kecamatan Pejagoan menyampaikan, meski telah dipasang atap penutup, namun akibat air hujan dapat membuat kotak berjamur. Hal itu lantaran kotak bagian dalam lembab. Jika kotak banyak ditumbuhi jamur maka produktivitas lebah akan terganggu. “Jamur akan membuat kesehatan lebah terganggu, jika kesehatannya terganggu otomatis produktivitasnya juga juga terganggu,” tuturnya, Sabtu (16/12/2017)

    Pihaknya yang telah 2 tahun sukses beternak lebah itu pun mengemukakan, pada pengontrolan stup harus dilaksanakan rutin setidaknya seminggu sekali. Selain kotak, bagian frame (sisiran sarang) juga sebaiknya dilakukan untuk mengetahui kondisinya dengan baik. “Jika terdapat sarang yang terserang jamur atau ngengat, maka harus dimusnahkan,” jelasnya.

    Saat disinggung mengenai kondisi alam Albait pun menjelaskan, pada dasarnya beternak lebah sangat tergantung dengan kondisi alam. Jika diare peternakan lebah tidak berkembang maka sebaiknya kotak segera dipindah di area yang terdapat banyak bunga. Hal itu bisa dilaksanakan dengan memindah lebah ke area atau dekat dengan area perkebunan. “Saat perkebunan sedang musim berbunga, itu waktu yang baik memindah lebah ke lokasi tersebut,” paparnya.

    Dalam kesempatan bapak satu anak juga menegaskan, antara peternak lebah dan petani sebenarnya dapat terjadi simbiosis mutualisme. Hal ini disebabkan adanya lebah akan meningkatkan proses penyerbukan. Adanya proses penyerbukan yang maksimal tentunya akan meningkatkan hasil pertanian. Sementara bagi peternak lebah sendiri, adanya perkebunan yang menyediakan berbagai bunga akan meningkatkan penghasilan madu. “Pada bunga lebah akan mengambil nektar dan pollen,” paparnya.

    Albait menambahkan baik nektar maupun pollen sama-sama diperlukan oleh lebah. Nektar merupakan bahan dasar membuat madu. Sementara pollen menjadi makanan bagi larva lebah. Dengan tercukupinya kebutuhan nektar dan pollen maka perkembangan lebah sangat baik. “Jika nektar dan pollen tercukupi maka koloni lebah akan cepat besar,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top