• Berita Terkini

    Thursday, December 21, 2017

    Kapolres Himbau Perayaan Tahun Baru di Kebumen Bebas Miras

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan personil gabungan mengikuti apel kesiapan  Operasi Lilin Candi 2017 yang digelar di halaman Mapolres Kebumen, Kamis (21/12/2017). Apel ini juga menandai dimulainya operasi Lilin Candi guna mengamankan jalannya perayaan Natal dan tahun baru 2018.

    Apel pasukan dipimpin langsung Kapolres Kebumen Arief Bahtiar SIK MMHadir pula Bupati Kebumen HM Yahya Fuad, Dandim 0709 Letkol (Inf ) Suep, Ketua DPRD Cipto
    Waluyo serta anggota Forkompimda Kebumen.

    Pada saat bersamaan juga dilakukan pemusnahan 237 botol miras berbagai merk. Turut pula dimusnahkan 216 liter ramuan ciu dan dua galon besar ciu. Dijelaskan Kapolres, miras ini merupakan hasil operasi kepolisian yang ditingkatkan sebelum pelaksanaan operasi lilin Candi. Miras tersebut diamankan dari sejumlah penjual yang ada di Kabupaten Kebumen.

    “Kita berharap tak ada miras di tahun baru karena miras bisa menjadi pemicu tindak kriminal,” ucapnya.

    Terkait potensi gangguan kamtibmas, Kapolres mengatakan pihaknya sudah menyiagakan para penembak jitu (snipper) yang akan ditempatkan di sejumlah titik rawan kejahatan. Kapolres menuturkan, Operasi Lilin Candi 2017 akan  berlangsung selama 12 hari hingga 2 Januari 2018 mendatang.

    “Fokus kita adalah pengamanan tempat ibadah (gereja-red), obyek vital, pusat keramaian dan tempat objek wisata. Kelancaran lalu lintas juga menjadi fokus operasi,” kata Kapolres usai apel kesiapan.

    Dia menjelaskan, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru akan melibatkan total 937 personil. Rinciannya anggota polisi 650 personil, dan instansi terkait 287 personil. Diantaranya dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PMI, Pemadam Kebakaran, Orari dan Rappi. Khusus untuk gereja, disiapkan personilpenuh selama misa berlangsung.

    “Pengamanan juga akan melibatkan petugas keamanan di masing-masing gereja. Kita juga berharap kerjasama lintas agama dan masyarakat untuk secara sinergis
    menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan di kawasan gereja. Alhamdulillah dari Banser maupun Ansor siap ikut mengamankan gereja pada perayaan natal. Ini bentuk tolerasi beragama yang sangat luar biasa,” beber Kapolres.

    Tak hanya pengamanan, Kapolres juga meminta anggotanya untuk mengawal arus mudik dan balik saat libur panjang Natal dan Tahun 2018. Ini penting untuk mencegah terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan di beberapa titik rawan macet.

    Usai apel, kapolres dan anggota Forkompimda kemudian melakukan pantauan terhadap pos pengamanan. Rombongan juga menyempatkan mampir ke Pasar Tumenggungan Kebumen untuk memantau harga Sembako jelang Natal dan Tahun Baru 2018.  (has)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top