• Berita Terkini

    Tuesday, December 12, 2017

    GOW Kabupaten Kebumen Gelar Kampanye Three Ends

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kebumen, menggelar aksi damai dalam rangka mengkampanyekan "Three Ends" di Kawasan Alun-alun Kebumen, kemarin. Aksi tersebut untuk menyuarakan aspirasinya agar tidak ada lagi kekerasan terhadap perempuan dan anak, hentikan perdagangan manusia dan hentikan kesenjangan ekonomi terhadap perempuan.

    Aksi tersebut diikuti oleh perwakilan dari 28 organisasi wanitan yang tergabung dalam GOW Kabupaten Kebumen.  Sebelum fokus menyuarakan aspirasinya, massa perempuan yang berasal dari 28 organisasi yang tergabung dalang GOW Kabupaten Kebumen itu berkeliling Alun-alun Kbeumen, disertai orasi dan yel-yel serta membawa pamflet berisikan imbauan stop kekerasan terhadap perempuan dan anak. Mereka juga membagi-bagikan leaflet dan bunga kepada warga yang berada di ruang publik tersebut.

    Ketua GOW Kabupaten Kebumen, Ny Dede Siswoyo, mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ibu k-89. Selain itu, momen tersebut juga untuk meningkatkan peran dan mendorong keterlibatan berbagai pihak dalam penghentian kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Kebumen.

    "Intinya adalah menyukseskan kampanye Three Ends. Yaitu, menghentikan kekerasan terhadan perempuan dan anak, menghentikan perdagangan manusia dan menghentikan kesenjangan ekonomi terhadap perempuan," kata Ny Dede Siswoyo, disela-sela aksi.

    Selain itu, melalu aksi itu juga untuk mendorong ketertinggalan perempuan Kebumen di bidang politik. Sehingga ke depannya akan ada lebih banyak perempuan yang menjadi wakil rakyat.

    Leih jauh, Ny Dede Siswoyo, berharap, tidak ada lagi yang memandang wanita sebelah mata. Justru menurutnya perempuan perlu diberikan akses untuk berkreativitas dan berkarya.

    Kampanye Three Ends, kata dia, merupakan bentuk komitmen yang menjadi kepedulian para pemimpin negara dimana perempuan mempresentasikan separuh dari pelaku dan penerima manfaat dari pembangunan.

    Pengarusutamaan gender dalam pemerintahan bukan hanya dari dan untuk kaum perempuan saja, namun dukungan kaum laki-laki untuk mewujudkan kesetaraan gender juga menjadi penting.

    "Sudah saatnya untuk menghentikan kekerasan terhadap anak dan perempuan. Kemudian perempuan seharusnya juga diberikan kemudahan dalam mengakses ekonomi, agar perempuan berdaya sehingga menunjang kehidupan keluarganya," tandasnya. Selain diikuti oleh anggota GOW Kabupaten Kebumen, aksi damai tersebut juga diikuti oleh anggota DPRD Kebumen, Ermi Kristanti.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top