• Berita Terkini

    Sunday, December 17, 2017

    Gempa, Warga Pesisir Selatan Purworejo Sempat Mengungsi

    PURWOREJO- Gempa tektonik yang mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat dirasakan hingga Kabupaten Purworejo. Guncangan terasa dahsyat dengan durasi waktu yang cuku lama hingga membuat warga pesisir selatan sempat mengungsi ke temat karena takut ancaman tsunami.

    Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa alam ini. Hanya saja seorang warga menderita luka ringan akibat tertima reruntuhan bangunan. Korban diketahui bernama Muhammad Maharaja (17) warga RT Dukuh Krajan Lor RT 1 RW 2, Desa Rowobayem, Kecamatan Kemiri. Ia terluka di bagian kepala lantaran tertimpa runtuhan tembok.

    Dani Ramdhani (36) warga Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi mengatakan, gempa terasa sekitar pukul 23.45 WIB dan berlansung sekitar 60 detik. Dirinya memutuskan mengungsi lantararan sirine pemberitahuan Sunami berbunyi dan himbauan BPBD Kabupaten Purworejo.

    "Sesaat setelah gempa kami diminta mengungsi. Katanya gempa berotensi menimbulkan Sunami. Namun pukul 02.00 WIB, BPBD mencabut pemberitahuan itu dan memperbolehkan kami kembali ke rumah masing-masing," ucapnya, kemarin (15/12/2017).

    Dikatakan, gempa cuku terasa diwilayah setempat. Peristiwa yang terjadi membuat warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Bahkan beberapa warga sempat membunyikan kentongan untuk memperingatkan agar waspada terhadap ancaman bahaya.

    "Suasana malam itu cukup mencekam. Terus terang kami khawatir dengan ancaman Sunami. Untung saja tidak seperti yang kami khawatirkan," tambahnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top