• Berita Terkini

    Wednesday, December 20, 2017

    BUMDes "Mapan" Desa Karangsari Resmi Beroperasi

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) "Mapan" milik Pemerintah Desa (Pemdes) Karangsari Kecamatan Kebumen, resmi beroperasi. Sebagai langkah awal, BUMDES Mapan desa setempat membuka usaha toko swalayan, yang mulai melayani masyarakat, Rabu (20/12/2017).

    Peluncuran BUMDes Mapan Unit Swalayan ini, dilakukan Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad, di kompleks balai desa setempat kemarin pagi. Turut mendampingi Bupati, Kepala Desa Karangsari, Endrata SH beserta jajaran pemerintahan Desa Karangsari. Tampak juga, Ketua LKMD Karangsari, Suharyono SSos SPKP dan anggota DPRD Kabupaten Kebumen Suhartono, Muspika Kecamatan Kebumen dan sejumlah pejabat.

    Usai peresmian, Bupati dan rombongan meninjau pameran sejumlah produk UMKM karya warga Karangsari, juga meninjau pengelolaan sampah desa yang sudah ditetapkan sebagai Desa Eco Village itu, serta pembangunan jalan tembus swadaya di  RW III dan IV.

    Kepala Desa Karangsari, Endrata di sela-sela acara menyampaikan, BUMDes Mapan Unit Swalayan yang dibangun di kompleks balai desa itu menelan anggaran Rp 500 juta bersumber Dana Desa (DD) tahun 2017 dan Bantuan Provinsi 2017 sebagai penyertaan modal. "Ke depannya, kami berharap BUMDes ini akan berkembang dan menjadi upaya memberdayakan masyarakat sekaligus mengurangi angka kemiskinan," kata Endrata.

    Suhartono menambahkan, nantinya BUMDes unit swalayan tak hanya menjual barang kebutuhan warga. Sekaligus, sebagai tempat penjualan sejumlah produk UMKM warga setempat. "Jadi para pelaku UMKM menitipkan produknya di sini dan BUMDes unit swalayan tidak mengambil keuntungan," katanya.

    Masih di tempat yang sama, Ketua LKMD Desa Karangsari, Suharyono SSos SPKP, menyampaikan, BUMDes Mapan dibentuk berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) nomor 6 tahun 2016. Lalu ditindaklanjuti dengan pembentukan tim sembilan.

    Tim terdiri dari berbagai unsur masyarakat dan diketuai Suharyono. Tim bertugas menyusun raperdes, AD ART BUM Des berdasar Keputusan Kepala Desa Karangsari  nomor 141/28/KEP/2015.

    Hingga kemudian, BUM Des Mapan resmi terbentuk pada 30 April 2016. Saat itu, sudah dilengkapi dengan pelaksana Operasional sebanyak 4 orang diketuai Ir Bambang Sunaryo, dan Pengawas tiga orang yang diketuai Lulus Triparyadi.

    "Karena BUMDes Mapan Unit swalayan ini berdiri di kompleks balai desa, kantor desa nantinya akan dipindah," imbuh Suharyono yang mantan Camat Alian tersebut.

    Dengan proses yang cukup panjang itu, Suharyono mengaku lega akhirnya BUMDes Mapan resmi beroperasi. "Ke depan, kami berharap BUMDes akan terus berkembang. Nantinya akan ditambah usaha-usaha lain seperti simpan pinjam dan sarana dan prasarana produksi pertanian dan lain-lain," kata pria yang juga pensiunan Dinas Pertanian Kebumen tersebut.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top