• Berita Terkini

    Sunday, November 5, 2017

    PPK Pilgub Jateng 2018 Dilantik

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen telah menyelesaikan tahapan perekrutan Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018.

    Sebanyak 130 PPK dari 26 kecamatan di Kabupaten Kebumen telah diambil sumpahnya dan dilantik oleh Ketua KPU Kebumen Paulus Widyantoro di Hotel Candisari Karanganyar, Sabtu (4/11/2017).

    Badan adhoc kepanjangan tangan KPU Kabupaten Kebumen itu dilantik dan diambil sumpahnya pada 235 hari sebelum hari pemungutan suara, yang bakal digelar pada Rabu Pon, 27 Juni 2018.

    Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Yazid Mahfudz, Ketua DPRD Cipto Waluyo, Panwaskab Kebumen serta Camat se Kabupaten Kebumen.

    Paulus Widyantoro mengatakan, 130 PPK yang dilantik dan diambil sumpahnya merupakan hasil seleksi beberapa waktu lalu dan telah mengikuti seleksi ketat.

    Setiap kecamatan terdapat lima anggota PPK, yang akan bertugas membantu menyelenggarakan Pilgub Jateng 2018. "Dari 418 pendaftar dan 130 orang inilah yang terbaik yang kita pilih," kata Paulus Widyantoro, dalam sambutannya. 

    Paulus mengungkapkan, anggota PPK kali ini didominasi oleh wajah baru, yang mencapai 60 persen. Sedangkan sisanya 40 persen, wajah yang tak asing lagi bagi penyelenggaraan pemilu. "Kami juga membuat komposisi setiap PPK, terdiri dari junior, medior dan senior. Ini kami lakukan agar ada kaderisasi dalam hal penyelenggaraan pemilu," ujarnya.

    Paulus meminta, PPK segera menyesuaikan diri karena setelah dilantik tidak ada waktu lagi untuk bersantai-santai. Ini terjadi karena tahapan pelaksanaan Pilgub Jateng sudah mulai berjalan. "Harus segera berkoordinasi dengan Muspika," tegasnya.

    Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, dalam sambutannya menyampaikan peranan PPK sangat penting dan menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah Pilkada. Menurutnya, penyelenggara yang berkualitas turut menentukan Pilkada yang berkualitas pula.

    "Buktikan kalau saudara-saudara layak untuk mendapatkan kepercayaan sebagai PPK, dengan menunjukkan dedikasi dan kinerja yang baik," pintanya dihadapan 130 PPK yang baru saja dilantik.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top