• Berita Terkini

    Sunday, November 12, 2017

    Pohon Tumbang, Macetkan Jalur Brebes Jatibarang

    BREBES- Hujan lebat dan disertai angin kencang mengakibatkan pohon yang ditaksir berumur puluhan tahun di jalur Brebes-Jatibarang, Sabtu (11/11) sore tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, pohon yang tumbang tepat di badan jalan mengakibatkan kemacetan total selama 2,5 jam di jalur Brebes-Jatibarang.

    Dari pantauan, pohon besar yang berdiameter lebih dari satu meter dan tinggi 20 meter tersebut tumbang di badan jalan di jalur Brebes-Jatibarang tepatnya Desa Janegara, Kecamatan Jatibarang. Akibatnya, pohon tumbang tersebut mengakibatkan kemacetan sepanjang lebih dari tiga kilometer. Pihak kepolisian terpaksa mengalihkan lalu linta dari Brebes ke Jatibarang begitu juga sebaliknya ke jalan alternatif.

    Puluhan anggota dari kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Sar langsung terjun ke lokasi untuk mengevakuasi batang kayu yang tumbang. Menggunakan gergaji mesin, anggota kepolisian, BPBD dan Sar bergantian memotong batang kayu yang roboh tersebut.

    Kapolsek Jatibarang Iptu Mulyono mengatakan, selain faktor alam dan cuaca, faktor umur pohon yang sudah tua dan lapuk menjadi penyebab utama pohon tumbang. Karenanya, dia berharap pemerintah melalui instansi terkait untuk melakukan pemangkasan terhadap pohon yang sudah lapuk. Terutama yang berada di pinggir jalan raya. "Kita berharap pemerintah melalui SKPD terkait untuk bisa melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang sudah tua, sehingga tidak membahayakan pengguna jalan," katanya.

    Dia menyebutkan, akibat kejadian tersebut pihaknya terpaksa mengalihkan kedaraan yang terjebak agar berputar arah melalui jalan alternatif lain. "Untuk evakuasinya sendiri kita memakan waktu kurang lebih dua jam," ungkapnya.

    Menurutnya, saat kejadian kondisi jalan sedang sepi, sehingga robohnya pohon tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Meski demikian, robohnya pohon tersebut sedikit membuat kaget warga yang berada di lokasi kejadian.

    Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes Eko Andalas mengungkapkan, pihaknya telah berkordinasi dengan intasi terkait dalam pemangkasan pohon yang sudah tua. Meski demikian, dia mengingatkan hanya memangkas, bukan memotong. Sehinggan pertumbuhan pohon bisa tetap terjaga. "Kitan sudah berkordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pemangkasan terhadap pohon yang sudah tua. Terutama yang berada di pinggir jalan raya," tuturnya.(ded/ism)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top