• Berita Terkini

    Friday, November 3, 2017

    Pemkab Kebumen Canangkan Tekad Raih Adipura

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Meski sudah bertahun-tahun selalu gagal meraih penghargaan Adipura, Pemkab Kebumen sangat optimis tahun 2018 akan mendapat penghargaan di bidang lingkungan tersebut. Hal itu dikatakan Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, saat memimpin kegiatan Jumat Bersih di halaman Pasar Tumenggungan Kebumen, Jumat (3/11/2017) pagi.

    "Salah satu janji dari kepala dinas (Perkim LH) yang baru tahun depan akan mempersembahkan Adipura untuk Kabupaten Kebumen," kata Mohammad Yahya Fuad, kepada wartawan, usai kegiatan kerja bakti, kemarin.

    Bupati optimis tahun depan piala Adipura akan diraih. Sebab, kata bupati, selama ini salah satu penyebab terbesar gagalnya Kabupaten Kebumen meraih penghargaan tersebut karena permasalahan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) yang nilainya masih rendah.

    Namun, dia meyakini tahun depan akan lebih baik seiring selesainya pembangunan TPA Kaligending. "Kalau tahun lalu nilai TPA hanya mendapat 69, tahun depan bisa 75 atau lebih sehingga Adipura dapat kita raih," tegasnya.

    Menurutnya, salah upaya untuk mewujudkan diraihnya penghargaan Adipura, yakni dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Seperti yang dilakukan di Pasar Tumenggungan Kebumen, kemarin. Selain itu, kerja bakti bersih-bersih pasar dari sampah itu untuk memberikan contoh pada para pedagang pasar dalam hal kebersihan. "Ini untuk membudayakan kita untuk menjaga kebersihan. Mudah-mudahan akan berefek diraihnya Adipura," ujarnya.

    Tak hanya itu, bupati juga menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pasar. Karena dengan pasar yang bersih pengunjung akan merasa nyaman dan pasar akan ramai.

    "Sekarang yang kerja bakti membersihkan sampah lebih banyak para ASN atau PNS, besok para pedagang harus menjaga kebersihan di lingkungan tempat dagangnya masing-masing", imbuhnya.

    Aksi bersih-bersih tersebut melibatkan banyak unsur. Selain unsur PNS dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kebumen, juga melibatkan TNI dari Kodim 0709 Kebumen, Polres Kebumen, hingga komunitas peduli lingkungan dan masyarakat sekitar.

    Pada kesempatan itu, juga digelar dialog antara Bupati Mohammad Yahya Fuad dengan pedagang pasar. Yang dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada 98 petugas kebersihan dari bupati dan pengusaha Kebumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top