• Berita Terkini

    Tuesday, November 14, 2017

    Pelaku UMKM Diminta Manfaatkan IT untuk Pemasaran Produk

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 25 anggota kelompok Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) Online, Kebumen mendapat bimbingan dari para Dosen Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Puwokerto agar dapat memanfaatkan  media online untuk memasarkan produk.

    Pembinaan dilaksanakan oleh para dosen IT Telkom dalam acara seminar yang dilaksanakan di Aula Perpusda Kebumen, belum lama ini. Kegiatan yang mengusung tema “Strategi Pemasaran Melalui Teknologi dan Media  Sosial untuk Bisnis UMKM” tersebut menghadirkan empat dosen dari IT Telkom.

    Adapun keempat dosen tersebut yakni Novanda Alim Setya Nugraha, SS MHum, Condro Kartiko SKom MTI, Afandi Nur Aziz Thohari ST MCs, Galuh Boy Hertantyo ST MT.  Dalam kesempatan tersebut, Novanda menyampaikan Promoting Products in English (promosi produk menggunakan Bahasa Inggris). Condro Kartiko menyampaikan E-Commerce yakni menggunakan menggunakan teknologi aplikasi dan bisnis yang berhubungan dengan perusahaan dan perseorangan. Bahkan dalam kesempatan itu para peserta diajari untuk membuat akun E-Commerce.

    Afandi Nur menyampaikan tentang facebook Ads yakni facebook yang khusus digunakan untuk iklan. Sedangkan Galuh Boy Hertantyo dalam kesempatan tersebut menyampaikan tentang Introduction Marketplace yakni stimulasi pemasaran. “Kami ingin agar semua UMKM di Kebumen dapat menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan pemasaran,” tutur Novanda di sela-sela acara.

    Dijelaskannya, adanya perdagangan bebas telah menuntut para pelaku UMKM untuk bersaing dengan negara lain. Sebagus apapun kualitas produk jika kurang promosi tentunya akan sulit dikenal oleh konsumen. Adanya media sosial sangat penting dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. “Saat ini produk Kebumen yang telah go Internasional yakni Jenitri. Mudah-mudahan ke depan banyak lagi produk yang dapat go internasional,” jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Forum UMKM online Kebumen Nanang Wahidun Yusup mengucapkan terima kasih kepada para Dosen IT Telkom yang telah meluangkan waktu dan tenaga serta pikiran untuk membantu para anggota UMKM Kebumen. “Sesuai dengan namanya kami berharap agar nantinya para pelaku UMKM melek teknologi. Sebab teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top