• Berita Terkini

    Thursday, November 23, 2017

    Jelang Adipura, Puluhan Tempat Sampah Hilang

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hmm, dasar pencuri tak ramah lingkungan. Bukannya turut mendukung Pemkab Kebumen yang sedang berusaha mendapatkan penghargaan Adipura, pencuri ini malah nyolong puluhan tong sampah yang telah dipasang di sejumlah tempat di Kota Kebumen. Akibat tangan-tangan jahil, sedikitnya 50 tong sampah lenyap tanpa jejak.

    Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH), Edi Rianto, membenarkan hal itu. Menurutnya, tong sampah yang hilang itu berjumlah 10 set. Setiap set terdiri dari lima tong sampah, sehingga totalnya ada 50 tempat sampah. "Yang hilang itu semua sumbangan dari masyarakat, BUMD, maupun intansi," kata Edi Rianto, di ruang kerjanya, Kamis (23/11/2017). 

    Edi mengungkapkan, pulihan tempat hilang itu yang ditempatkan di Alun-alun Kebumen, Jalan Pemuda, Jalan Tentara Pelajar dan Jalan A Yani Kebumen. Dikatakan Edi, tong-tong sampah yang disebar di sejumlah titik tak lain agar lingkungan yang bersih dapat terjaga di Kota Kebumen.

    Akibat ulah para pencuri itu, Pemkab dikabarkan mengalami kerugian jutaan rupiah. Tong sampah yang raib dicuri tersebut adalah tong sampah pemisah antara sampah basah dan sampah kering, yang terbuat dari bekas ember. Tempat-tempat sampah itu sangat menarik perhatian karena masih baru dan ukurannya tidak terlalu besar.

    Meski banyak yang hilang, namun Dinas Perkim LH, tidak ingin memperpanjang sampai ke urusan hukum. Pihaknya, akan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungannya.

    "Sebenarnya kita punya aturan, tapi kalau kita terapkan kasihan masyarakat. Kita terapkan secara bertahap. Saat ini kami gencarkan sosialisasinya," tegasnya.

    Sebelumnya, Pemkab Kebumen bersama masyarakat bahu membahu memoles wajah Kebumen agar lebih bersih, hijau dan rapi. Hal ini tidak semata-mata karena Kebumen akan menghadapi penilaian Adipura. Tetapi memang kesadaran masyarakat akan keindahan lingkungan sekitarnya sudah mulai tumbuh. Tidak terkecuali pihak swasta dan BUMN/D juga tidak mau ketinggalan untuk ikut mengambil peran tersebut. Terbukti beberapa hari terakhir Dinas Perkim LH kebanjiran tong sampah yang merupakan sumbangan dari mereka.

    Sejumlah pihak yang sudah menyumbang tong sampah antara lain dari PDAM, Bank Jateng, Bank Kebumen, Hotel Candisari, Pabrik Plastik Naga Semut dan RS Permata Medika.

    Kasi Penaatan dan Pengkajian Dampak Lingkungan Dinas Perkim LH, Siti Durohtul, tong sampah yang ada, sebagian sudah disitribusikan ke lapangan. Antara lain di Alun-alun Kebumen 8 set, pertokoan SEM 4 set, Taman Kota 5 set, Jalan Pemuda 4 set, Jalan Pahlawan 5 set dan Terminal Bus 5 set.
    Namun demikian tong sampah yang sudah ditempatkan, ada beberapa yang hilang diambil orang. Oleh karena itu Siti berpesan agar masyarakat yang ada disekitar lokasi tersebut untuk ikut menjaga dan memanfaatkan keberadaan tong sampah tersebut.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top