• Berita Terkini

    Monday, November 20, 2017

    GOW Gelar Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kebumen, menyelenggarakan pelatihan pengolahan limbah rumah tangga. Pelatihan tersebut digelar di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin (20/11/2017).

    Ketua Panitia Pelatihan, Hj Budi Lestari, mengatakan pelatihan tersebut diikuti oleh 84 peserta perwakilan dari 28 organisasi wanita yang tergabung dengan GOW Kabupaten Kebumen.

    "Intinya kita ingin limbah rumah tangga yang selama ini tidak berguna bisa disulap jadi produk yang bermanfaat," kata Hj Budi Lestari, disela-sela pelatihan, Senin pagi.

    Dia menjelaskan, pelatihan yang diselenggarakan ini mulai dari pelatihan hidroponik, pemanfaatan tas kresek menjadi vas bunga. Kemudian gelas plastik bekas minuman kemasan diubah jadi tempat tisu, tempat air mineral hingga tas.

    "Untuk bahan pelatihan hidroponik juga menggunakan bahan botol bekas minuman kemasan. Sedangkan, sumbunya menggunakan kain kaos yang sudah tidak terpakai," ujarnya.

    Pelatihan tersebut mengundang narasumber dari Dinas Pertanian dan Pangan, yang menyampaikan materi tentang hidroponik. Serta dari TP PKK Desa Sidayu, Kecamatan Gombong, yang membawakan materi tentang ketrampilan membuat kerajinan berbahan tas kresek.

    Ketua Umum GOW Kabupaten Kebumen, Ny Dede Siswoyo, berharap pelatihan tersebut dapat ditularkan kepada masing-masing organisasi wanita yang diikuti para peserta. "Produk-produk ini juga bernilai ekonomi. Kalau diseriusi juga bisa menambah pemasukan keluarga," kata Ny Dede Siswoyo.

    Menurutnya, kegiatan tersebut tak hanya berhenti ada pelatihan kemarin. Tetapi, akan dievaluasi hasil dari kegiatan bidang pendidikan ekonomi itu. "Jadi mereka akan praktek di rumah membuat berbagai kerajinan di rumah, bulan depan kita akan cek. Mereka bisa membuat apa," imbuhnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top