• Berita Terkini

    Friday, October 13, 2017

    Warga Binaan Diajak Bersih Makam Pahlawan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 21 warga binaan Rumah Tananan (Rutan) Kebumen melaksanakan bersih Taman Makam Pahlawan Kebumen. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna memperingati Hari Dharma Karya Dhika atau ulang tahun Pemasyarakatan, Jumat (13/10).

    Dengan membersihkan lingkungan Makam Taman Pahlawan Bumi Wira Bhakti, selain membuat lingkungan tersebut bersih, diharapkan para warga binaan dapat meneladani semangat para pahlawan. Para Pahlawan telah berjuang dengan mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan. Generasi saat ini tentunya harus mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

    Dari pantauan Ekspres, para warga binaan sangat menyukai hal tersebut. Pasalnya dihari itu para warga binaan mempunyai kesempatan untuk dapat merasakan suasana luar rutan. Hal itu akan menjadi pengalaman tersendiri bagi warga binaan.

    Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kebumen Soetopo Berutu Amd IP SSos MS disela-sela kegiatan menyampikan, kegiatan bersih - bersih di Makam Pahlawan merupakan bentuk kepedulian warga binaan terhadap lingkungan. Dengan adanya kegiatan kebersihan tersebut diharapkan dapat menciptakan suasana yang bersih dan sehat.

    Selain itu, kegiataan juga dilaksanakan menghormati jasa para pahlawan, sehingga akan timbul rasa nasionalisme dalam benak para warga binaan. “Sebelum kembali ke masyarakat, warga binaan dapat memperbaiki diri dengan mencontoh perjuangan pahlawan," katanya.


    Menurutnya Karutan, bersih - bersih di Makam Pahlawan tidak hanya diagendakan saat Dharma Karya Dhika saja. Akan tetapi seringkali dilakukan untuk mengisi kegiatan termasuk momen lainya. Disampaikannya pula, dalam peringatan hari Dharma Karya Dhika ini sejumlah kegiatan bakal dilaksanakan. Adapun kegiatan tersebut yakni jalan sehat, bersih tempat ibadah, donor darah, dan lomba kebersihan lingkungan rutan. "Kami berharap kesejahteraan masyarakat meningkat sehingga angka kriminalitas menurun di Kebumen,"  paparnya.

    Soetopo menegaskan, para warga binaan warga negara yang sedang menjalani masa hukuman. Mereka mempunyai hak yang sama  dengan warga lainnya. Diharapkan dengan adanya perlakuan yang baik maka para warga binaan dapat menyadari kesalahannya, sehingga tidak akan mengulangi perbuatannya. “Perbuatan yang baik, diharapkan akan berdampak baik pula,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top