• Berita Terkini

    Friday, October 6, 2017

    Sempat Rusak, Eskalator Pasar Tumenggungan kini Telah Berfungsi

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Setelah sempat mangkrak satu tahun, akhirnya tangga berjalan/eskalator Pasar Induk Tumenggungan Kebumen telah dapat berfungsi dengan baik. Hal itu disambut dengan suka cita oleh para pedagang. Masyarakat pun kini telah menggunakan fasilitas tersebut untuk dapat naik ke lantai dua.

    Dari pantauan Ekspres, Jumat (6/10/2017) siang, dari empat eskalator yang berada di pasar, satu diantaranya telah berfungsi dengan baik. Sementara tiga diantaranya dalam posisi padam. Kendati demikian bagian samping eskalator yang sebelumnya rusak kini telah diperbaiki. Pada bagian luar pasar, terlihat beberapa pekerja sedang mengecat dinding pasar. Beberapa pekerja lainnya juga terlihat tengah membuat kantor dan pekerjaan lainnya.

    Salah satu pedagang Pasar Tumenggungan Rotul (50) mengatakan, eskalator telah berfungsi dengan baik sekitar satu pekan lalu. Adanya eskalator yang telah berfungsi akan mempermudah masyarakat belanja. Selain itu eskalator juga diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. “Saya sangat senang eskalator telah berfungsi berfungsi dengan baik,” tuturnya.

    Menurutnya, eskalator dihidupkan secara bergantian. Eskalator di bagian Selatan akan berfungsi secara bergantian. Meski demikian hal itu cukup membantu masyakat saat hendak menuju ke lantai dua. “Ya mudah-mudahan daya beli masyarakat akan meningkat,” papar penjual mainan tersebut.

    Salah satu pedagang di lantai II Fatkhur Rohmah (20) menyampaikan, meski eskalator telah berfungsi dengan baik, namun hingga kini belum ada peningkatan daya beli yang signifikan. Selain persaingan pedagang yang semakin banyak, belum meningkatnya daya beli mungkin disebabkan belum banyaknya masyarakat yang tahu jika eskalator telah berfungsi. “Dengan adanya kemudahan akses ke lantai II diharapkan meningkatkan jumlah pengunjung pasar,” harapnya.

    Fatkhur Rohmah menyambut baik adanya beberapa renovasi pasar termasuk pembuatan jembatan penghubung yang melintang dari arah Utara ke Selatan. Dengan banyaknya akses jalan maka lantai II tidak lagi menjadi alternatif melainkan juga strategis, “Harapan pedagang tentunya, banyak pembeli yang datang dan membeli dagangan,” jelasnya.

    Dalam kesempatan lain Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kebumen  Drs H Nugroho Tri Waluyo menyampaikan, renovasi Pasar Induk Tumenggungan Kebumen ditargetkan rampung pada pertengahan Desember 2017 mendatang. Adapun beberapa hal yang direnovasi meliputi perbaikan travelator, pembuatan jalan layang penghubung lantai II, pompa hidrant dan pembangunan kantor UPTD Pasar.

    Renovasi pasar dilaksanakan mulai 17 Juli silam, hingga 19 Desember mendatang. Adapun biaya renovasi sebesar Rp 5,3 milyar dari pagu anggaran Rp 5,7 milyar. Proyek renovasi Pasar Tumenggungan Kebumen dimenangkan oleh PT Tiga Jaya Pamular Kebumen. Proyek renovasi tersebut ditargetkan selesai dalam kurun waktu 150 hari.

    Adanya renovasi diharapkan akan meningkatkan daya beli masyarakat pada pasar tradisional. Dengan adanya peningkatan daya beli masyarakat diharapkan roda perekonomian akan semakin berkembang. Para pedagang juga tidak lagi mengeluhkan sepinya pembeli. Pasalnya selama ini kesan Pasar Tumenggungan yang timbul yakni sepi dan panas. “Mudah-mudahan pasar akan semakin ramai dan terjadi peningkatan perekonomian masyarakat. Pedagang tidak lagi mengeluh sepinya pembeli,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top