• Berita Terkini

    Monday, October 2, 2017

    Sarjana Baru UMP Purworejo Diberi Motivasi

    PURWOREJO- Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) kian serius mengembangkan diri. Tidak hanya melibatkan intern Prodi dan mahasiswanya yang masih aktif berkuliah, PBSI juga mengajak alumni untuk berpartisipasi.

    Salah satu terobosan terbaru diluncurkan PBSI yakni program Temu Alumni dan Alumni Mengabdi yang berlangsung di Ruang Seminar kampus setempat. Dalam kesempatan itu, ratusan alumni PBSI yang baru diwisuda dan bergelar sarjana menyatu untuk menyamakan visi demi kemajuan PBSI.

    Kegiatan Alumni Mengabdi diisi dengan materi kejurnalistikan oleh Eko Sutopo SPd, lulusan PBSI tahun 2012 yang kini berprofesi menjadi wartawan harian cetak. Para peserta Temu Alumni juga mendapatkan motivasi terkait menentukan pilihan karier setelah lulus kuliah oleh Prof Dr Sukirno MPd, Guru Besar dan dosen PBSI UMP.

    Dalam paparannya, Prof Sukirno menyebutkan banyak profesi yang dapat dipilih oleh para lulusan PBSI. Menurutnya, bekal kemampuan berbahasa yang diperoleh selama menempuh kuliah tidak hanya dapat diimplementasikan untuk bekerja menjadi seorang pendidik atau guru.

    “Banyak lulusan PBSI yang sukses di bidang kependidikan, tetapi banyak juga yang sukses di bidang nonkependidikan,” katanya.

    Diungkapkan, saat ini jumlah pencari kerja dengan ketersediaan lapangan kerja sangat tidak seimbang. Bahkan, tidak sedikit lulusan perguruan tinggi di Indonesia menggangur lama akibat tidak memiliki kejelasan arah dan lamban dalam menentukan pilihan. Karena itu, Sukirno mendorong agar alumni PBSI dapat jeli dan cekatan dalam menyikapi peluang.

    Ketua Temu Alumni yang juga Dosen PBSI, Umi Faizah MPd, menjelaskan bahwa Temu Alumni merupakan program kerja PBSI yang diselenggarakan minimal sekali dalam setahun. Terdapat 2 kecenderungan yang diharapkan melalui temu alumni, yakni adanya sumbangan akademik dan sumbangan nonakademik dari alumni. “Ini bukan kali pertama, sebelumnya sudah ada beberapa alumni yang melakukan pengabdian, baik berupa sumbangan akademik maupun nonakademik,” jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Prodi PBSI UMP, Drs Bagiya MHum, menyampaikan apresiasinya kepada alumni yang kian aktif berperan serta mengembangkan PBSI. Apresiasi khusus juga diberikan kepada lulusan PBSI tahun ini yang tercatat paling banyak menyandang predikat cumlaude.“Saya berharap jangan bangga sampai disini. Lulusan PBSI harus dapat menunjukkan diri, di bidang apapun yang akan ditekuni nanti,” tandasnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top