• Berita Terkini

    Wednesday, October 4, 2017

    Ribuan Warga Ikuti Gema Sholawat Bumirejo

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ribuan warga tumpah ruah menghadiri kegiatan Gema Sholawat yang digelar Mushola Darussalam, Dukuh Gunungmujil Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Sabtu malam (29/9/2017) akhir pekan kemarin. Kegiatan rutin setiap tanggal 10 Muharam bertajuk "Gema Sholawat bagi Kedamaian dan Keutuhan NKRI" itupun  berlangsung khidmat.

    Tak kurang dari 2 ribu jemaah larut dalam bacaan shalawat yang menghadirkan KH Habib Umar Bin Ahmad Bafaqih tersebut. Kegiatan sendiri digelar di lingkungan Mushola Darussalam yang berlokasi di Dukuh Gunungmujil Kelurahan Bumirejo. Hadir pada kesempatan itu, Lurah Bumirejo Bibit Agus Nugroho, Kapolsek Kebumen, Iptu Mardi SH MM beserta jajaran Muspika juga tokoh agama dan tokoh masyarakat Bumirejo.

    Penyelenggara kegiatan, Bagus Ulinnuha, di sela-sela kegiatan, menyampaikan Gema Sholawat ini sekaligus nguri-uri tradisi yang diamanatkan ayahnya, KH Chamim Abdul Qohar almarhum. Dalam setiap 10 Muharram, ulama sekaligus pengasuh Mushola Darussalam tersebut rutin menggelar peringatan tahun baru Muharram.

    Tradisi ini sudah berlangsung 17 tahun. Almarhum KH Chamim Abdul Qohar dikenal tokoh ulama memiliki nasionalisme yang tinggi. Almarhum pun rutin  menggelar kegiatan khusus di setiap Bulan Muharram. Dari open house, hingga berbagi kebahagiaan dengan kaum dhuafa serta shalawat bersama.

    "Ini sebagai bentuk mensyukuri nikmat dan kedamaian Allah di bulan Muharram. Sekaligus menjaga kesejukan di masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan hal-hal yang memecah NKRI demi menjaga kemaslahatan umat," ujar  Bagus Ulinnuha.

    Bagus Ulinnuha sendiri menjadi penerus KH Chamim Abdul Qohar yang wafat 4,5 tahun lalu dan dimakamkan di Pucangan Kecamatan Ambal. Bersama saudaranya yang lain, Bagus Ulinnuha mengasuh mushola Darussalam. Baik  ngaji kasepuhan setiap habis Mahrib maupun kegiatan Agama lainnya.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top