• Berita Terkini

    Sunday, October 22, 2017

    Puluhan Ribu Santri Wonosobo Banjiri Alun-Alun

    WONOSOBO- Puluhan ribu santri Wonosobo tumpah ruah banjiri  alun-alun untuk memperingati Hari Santri Nasional ke tiga tahun 2017 kemarin. Peringatan HSN diawali dengan upacara dan dilanjutkan pawai keliling kota.

    Pawai keliling kota diikuti ribuan santriwan dan satriwati dari berbagai pondok pesantren di Wonosobo bersama dengan jajaran pengurus dan anggota PCNU dan banomnya, mereka  berjalan kaki membentuk barisan konvoi menyusuri jalan di kota wonosobo sambil menyanyikan lagu subhanul wathon

    Acara yang dipusatkan di kota wonosobo tersebut dihadiri oleh Bupati Wonosobo, Wakil Bupati, Kyai, Sesepuh, Pengasuh Ponpes, Forkompinda, Pimpinan OPD  dan juga sejumlah tokoh politik.

    Dalam orasinya Ketua Tanfidziyah PCNU Wonosobo Ngarifin Siddiq mengemukakan bahwa peringatan hari santri nasional sebagai momentum meningkatkan peran santri dalam pembangunan di Kabupaten Wonosobo.

    "Puluhan ribu santri yang datang dari wilayah pelosok pedesaan hingga perkotaan Wonosobo menunjukkan bahwa semangat dan juga sumber daya santri sangat potensial serta menentukan untuk memajukan masyarakat dalam semangat kebersamaan,” katanya.

    Menurutnya, peran santri Indonesia dalam setiap etape sejarah di republik ini tidaklah sedikit, bahkwan sejumlah pahlawan nasional seperti RA Kartini dan juga Pangeran Diponegoro merupakan santri , namun baru diketahui belakangan, lantaran ada kisah dalam sejarah keduanya  yang tidak dibuka secara komperhensif.

    “ Jadi peran santri terhadap perjuangan, kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan tidaklah sedikit, mereka bersama kelompok lain dan caranya sendiri terlibat dalam perubahan negeri ini menuju masa depan yang lebih baik,” tandasnya.

    Lebih lanjut dikatakan, melihat kondisi bangsa dan negara yang terus dirongrong oleh gerakan radikalisme dan juga upaya-upaya pelemahan persatuan bangsa, santri diminta untuk tetap teguh memperjuangkan dan menjaga NKRI.

    Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengatakan bahwa hari santri menjadi titik tolak untuk membangkitkan semangat dan peran santri dalam berbagai bidang. Santri diharapkan terlibat aktif dalam upaya membangun Kabupaten Wonosobo yang lebih maju.

    “ Kita berharap santri di kabupaten wonosobo menjadi teladan dalam memajukan daerah sehingga tercipta kesejahteraan bersama,” katanya.

    Selain itu, peran pondok pesantren dan madin terus ditingkatkan karena menjadi ujung tombak dalam  pendidikan karakter bangsa, khususnya di wilayah Kabupaten Wonosobo . (gus)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top