• Berita Terkini

    Sunday, October 15, 2017

    Masih Soal Hotel Trio, ini Penjelasan Bupati Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad, mengaku bisa memahami kekhawatiran sejumlah pihak terkait rencana pembangunan Hotel dan Mall Trio Plaza di Bumirejo Kecamatan Kebumen. Namun demikian, Mohammad Yahya Fuad menegaskan, kehadiran Trio Plaza itu sudah melalui pertimbangan yang matang.

    Investor asal Magelang, berencana membangun hotel dan trio Plaza di Jl Sarbini, persisnya di wilayah Kelurahan Bumirejo Kecamatan Kebumen. Rencana pendirian Trio Plaza ini tengah dalam proses perijinan dan diharapkan mulai direalisasikan pada 2018 mendatang.

    Seiring dengan itu, pro kontra mengiringi. Sebagian yang setuju menilai keberadaan Hotel Trio yang terintegrasi dengan mall, akan membuka lapangan kerja baru bagi warga Kebumen, khususnya warga sekitar lokasi.  Sekaligus, membuka kran investasi yang pada gilirannya akan diikuti investor berlomba-lomba menanamkan usahanya di Kebumen. Muaranya tentu saja, meningkatnya perekonomian masyarakat.

    Sementara yang "tidak setuju", khawatir keberadaan Trio Plaza akan mematikan pedagang tradisional. Juga lokasi Mall yang dikhawatirkan memicu kemacetan.

    Terkait hal ini, Mohammad Yahya Fuad mengatakan, nantinya semuanya tergantung kepada masyarakat. Dan kepada investor, Yahya Fuad mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan sejumlah syarat, agar keberadaan Trio Plaza tidak sampai merugikan pedagang di pasar tradisional.


    Juga, bagaimana agar Trio Plaza dapat ikut menghormati nilai-nilai dan tatanan warga sekitar yang religius. Antara lain soal hotel bebas miras dan tempat karaoke bahkan para karyawan yang mengenakan hijab.

    "Kami sudah meminta investor untuk tidak menjual produk-produk yang sama dengan para pedagang pasar tradisional yang memang saat ini sedang sepi pembeli. Investor juga sudah kami minta bertemu dengan para pedagang pasar tradisional untuk meminta saran dan masukan. Investor sudah menyanggupi itu," kata Yahya Fuad.

    Yahya Fuad menegaskan, Pemkab Kebumen telah berupaya memberikan kemudahan bagi investor menanamkam modal di Kebumen. Selain persyaratan yang tidak akan dipersulit, Yahya Fuad mengatakan, investor yang bakal menanamkan modal di Kebumen dipastikan akan bebas "pungli". Tak hanya kepada Trio Plaza, hal itu juga berlaku bagi investor lainnya yang akan menanamkan modal di Kebumen.

    "Dengan kemudahan ini, kami berharap kedatangan investor ini benar-benar memiliki manfaat bagi masyarakat baik dari sisi membuka lapangan kerja dan juga meningkatkan perekonomian Kebumen secara keseluruhan," kata Yahya Fuad.

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top