• Berita Terkini

    Monday, October 23, 2017

    Kuatkan Sinergi, BPJS Kesehatan Gelar Media Gathering

    fuadhasyim/ekspres
    MAGELANG - Media massa dianggap memiliki peranan penting dalam mewujudkan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berkualitas dan berkesinambungan. Melalui media, bisa disampaikan segala informasi dan progres yang ada di internal BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang ada di Indonesia khususnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

    "Media adalah rekan sekaligus jembatan bagi kami untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Untuk itu BPJS Kesehatan dalam perjalanannya akan selalu menjaga sinergi dan kerjasama dengan media,” ujar Deputi Direksi Wilayah Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, Aris Jatmiko pada acara media gathering di Hotel Grand Aston Magelang, Jumat-Sabtu (20-21/10).

    Media gathering diikuti tak kurang dari 20 jurnalis dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik di Jawa Tengah dan DIY, termasuk Kebumen Ekspres. Hadir pula asisten deputi dan seluruh kepala kantor cabang BPJS Kesehatan Kesehatan di wilayah Jateng-DIY.

    Aris menuturkan, program JKN-KIS memang harus terus disosialisasikan mengingat pentingnya program tersebut bagi masyarakat. Program ini juga merupakan amanat Undang-undang Dasar 1945 dimana setiap warga berhak atas jaminan sosial.

    Untuk itulah, BPJS Kesehatan menargetkan seluruh penduduk Indonesia masuk menjadi peserta JKN-KIS pada tahun 2019 mendatang untuk mencapai universal health coverage.
    Sejauh ini, kata Aris, hingga 1 Oktober 2017, jumlah peserta JKN-KIS di Jateng-DIY tercatat 27 juta jiwa atau 69 persen dari jumlah penduduk Jateng-DIY yang berada pada kisaran 39 juta jiwa.

    Meski demikian, untuk mencapai UHC, tingkat prosentasenya tidak dapat 100 persen karena adanya dinamika kependudukan seperti angka kematian maupun kelahiran baru. "Angka toleransinya 95 persen," imbuhnya sembari mengatakan jika kepesertaan jaminan sosial di Indonesia adalah yang terbesar di dunia.

    Asisten Deputi Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Tengah dan DIY Abdul Azis menambahkan berbagai upaya telah dilakukan BPJS Kesehatan untuk memperluas cakupan kepesertaan JKN KIS. Seperti menambah kanal pendaftaran pendaftaran melalui www.bpjs-kesehatan.go.id; care center BPJS Kesehatan 1500.400; drop box di tiap kecamatan; aplikasi mobile JKN; kader JKN; mobile customer service hingga kantor BPJS Kesehatan terdekat.

    "Kita juga menggandeng pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan kepesertaan baik secara mandiri maupun PBI yang ditanggung pemda," ucapnya.

    Media gathering juga mengundang narasumber Pimred Jateng Pos Wibowo Prasetyo dan Pimred Magelang Ekspres. Selain tatap muka, seluruh peserta juga diajak arung jeram menaklukkan Sungai Elo. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top