• Berita Terkini

    Jumat, 13 Oktober 2017

    Keracunan Milung, Siswa di Purbalingga Dilarikan ke RS

    galuh/radarbanyumas
    PURBALINGGA - Iyun Salira, siswi SDN 1 Karangaren, Kecamatan Kutasari yang diduga mengalami keracunan 'milung' pada Rabu (11/10) lalu dirujuk ke RSUD Goeteng Taroenadibrata. Berbeda dengan 11 teman-temannya, mual dan pusing yang dirasakan siswi kelas 6 itu belum reda sampai kemarin.

    "Tadi malam saya kesana,  Iyun diinfus, masih mual-mual, pusing. Ya itu sebagai reaksi proses detoksifikasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, drg Hanung Wikantono MMPM.

    Berdasarkan jarak waktu anak-anak merasakan gejala keracunan setelah menyantap milung, Hanung memperkirakan bahan makanan itu mengandung racun. Apabila gejala dirasakan satu hari setelahnya, biasanya karena bakteri seperti salmonela dan ecoli.

    "Ini dugaan saya dari bahannya, entah saus atau mienya," katanya.

    Saat ini masih belum bisa dipastikan penyebab keracunan karena masih menunggu 7-10 hari untuk mendapatkan hasil cek laboratorium. Cek sampel makanan dikatakan akan dilakukan di Solo atau di Semarang.

    "Ngeceknya bukan disini. Nanti bisa dicek dari bahannya, alatnya, atau pemrosesannya," ujarnya.

    Atas kasus itu, pihaknya akan meningkatkan pembinaan terhadap kesehatan keamanan pangan di industri rumah tangga. Akan tetapi, jika terjadi sesuatu akan diserahkan kepada pihak yang berwajib.

    Hanung mengimbau agar orangtua membekali anaknya dengan bekal makanan dari rumah. Selain itu, sebelum berangkat sekolah pastikan anak sudah menyantap sarapan.

    "Kalau bisa dibekali makanan jangan duit. Yang paling pertama ya sarapan. Yang ditengarai korban terkena ini, kan dia makan lebih banyak milung karena ia belum sarapan," pungkasnya.

    Sementara itu, Kepala SDN 1 Karangaren Asih Sugiarti SPd SD mengatakan, Iyun diperbolehkan pulang hari ini. Kondisi saat ini sudah mulai membaik.

    "Berdasarkan pemeriksaan dokter, besok sudah bisa pulang," katanya kemarin. (gal)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top