• Berita Terkini

    Monday, October 23, 2017

    Kapal Setengah Miliar di Rembang Ludes Terbakar

    DANPOSAL REMBANG FOR RADAR KUDUS
    REMBANG – Kapal jenis mini poursin terbakar di Dermaga Karanganyar, Kecamatan Kragan. Kapal tak terbakar seluruhnya, tapi muatan ikan yang masih ada di dalamnya ikut terbakar. Kerugian akibat kebakaran itu ditaksir lebih dari setengah miliar rupiah.

    KM Mutiara Indah bersandar di dermaga setempat pada Minggu (22/10) sekitar pukul 17.30. Belum semua ikan hasil tangkapan diangkut ke darat. Tapi, ABK sudah meninggalkan kapal malam harinya.

    Selang tiga jam kemudian, beberapa warga yang sedang berada di warung melihat percikan api dari salah satu kapal. Setelah dicek, api itu berasal dari KM Mutiara Indah milik Toyib warga Desa Kebloran, Kragan.

    Warga kemudian memberitahukan pemilik KM Mutiara Indah bahwa kapalnya terbakar. ABK dibantu warga berusaha menuju ke kapal memadamkan api dengan peralatan seadanya.
    Sekitar pukul 22.00, kapal dengan ukuran 20 gross tonnage (GT) itu ditarik mendekat ke pantai. Penarikan dilakukan menggunakan tujuh kapal cukrik milik nelayan setempat.

    Setengah jam kemudian, api berhasil dipadamkan. Pemadaman dilakukan menggunakan pompa air yang diletakkan pada satu kapal cukrik. Api dari kebakaran itu tak sampai melahap habis kapal. Lambung kapal masih nampak usai api dipadamkan. Tapi, ruangan di dalam kapal memang rusak.

    Komandan Pos TNI AL (Danposal) Rembang Lettu Laut Hartono menjelaskan api diperkirakan berasal dari korsleting aki di dalam kapal. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

    Kerugian ditaksir sekitar 650 juta. Di dalam kapal itu, ada 150 basket berisi ikan hasil tangkapan yang ikut terbakar. ”Penyebabnya kemungkinan karena korsleting aki. Tidak ada korban jiwa, karena ABK sudah pada pulang setelah kapal sandar,” ungkapnya. (lid/ali/lil)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top