• Berita Terkini

    Tuesday, October 10, 2017

    EL-C, Peralatan Anti Gangguan Inovasi Karyawan PLN Kebumen

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-PLN Kebumen Rayon Kebumen mempunyai produk inovasi yang mampu mencegah gangguan binatang pada jumper sisi masuk Fuse cut Out (FCO). Produk hasil inovasi dari personil PLN Rayon Kebumen tersebut diberi nama Extension L Cut Out (EL-C) yang tidak lain merupakan dudukan FCO.

    FCO merupakan pengaman listrik pada instalasi PLN. Adapun fungsinya sama dengan sekring yang digunakan untuk pengaman listrik rumahan. Jika terjadi kelebihan arus listrik atau gangguan lainnya, maka FCO akan memutuskan arus secara otomatis.

    EL-C merupakan karya original dari tiga personil PLN Rayon Kebumen yakni Supervisor Teknik Agus Revai, JO Operasi Distribusi Rizqi Syahri Al Musanna dan JT Pemeliharaan Distribusi Aziz Rizal. Bahkan karya personil PLN Rayon Kebumen tersebut telah diajukan sebagai persyaratan untuk mengikuti Lomba Karya Inovasi 2017.

    Dilihat dari segi bahan dan bentuk EL-C,  memiliki perbedaan dari dudukan FCO yang sebelumnya. EL-C berbahan Fiber Reinforced Composites ( FRC ) yang bersifat non konduktif. Sedangkan dudukan FCO sebelumnya, berbentuk “L”, dengan dimensi panjang vertikal 21 centimeter, panjang horizontal 8,5 centimeter  dan berbahan metal sehingga bersifat konduktif.

    Adapun EL-C berbentuk segitiga dengan panjang horizontal 30 centimeter dan  panjang vertikal 40 centimeter. Sementara Sisi diagonal dengan sudut 66o , sejajar dengan posisi telescopic stick saat pengoperasian FCO. “Ini adalah merupakan karya inovasi baru yang original dan belum pernah dibuat sebelumnya baik di unit kami maupun di unit-unit PLN dan anak Perusahaan PLN,” tutur Aziz Rizal, Selasa (10/10/2017).

    EL-C  untuk mengurangi gangguan hewan mengenai jumper sisi masuk FCO, lanjutnya Aziz,  telah melalui proses CoP (Comunity of Practice) dan diimplementasikan sejak 4 Juli 2016 silam di PT PLN (Persero) Area Cilacap.  “Kami bersedia untuk dilakukan audit lapangan dan apabila di kemudian hari ada tuntutan/klaim mengenai karya inovasi yang dibuat, maka kami siap mempertanggungjawabkan segala konsekuensinya,” tegas Agus Revai, Rizqi Syahri Al Musanna Aziz Rizal.

    Manager PLN Rayon Kebumen Wiwit Supriyadi menyambut antusias karya anak buahnya itu. Menurutnya, semua penemuan baru akan menjadi sumbangan yang besar bagi perkembangan dunia ilmu dan pengetahuan. “Ini merupakan sebuah karya inovasi yang sangat baik. Adanya kreativitas dari para personil PLN semata-mata dilaksanakan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top