• Berita Terkini

    Tuesday, October 17, 2017

    Anggota Panwas Kecamatan Purworejo Dilantik

    ILUSTRASI
    PURWOREJO- Sebagai persiapan pengawasan akan dilaksanakannya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada 2018 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purworejo melaksanakan pelantikan Panwas kecamatan se kabupaten. Pelantikan dan sumpah dilakukan Ketua Panwaslu Rinto Hariyadi SE kepada 48 anggota Panwascam di Aula Hotel Suronegaran.

    Bupati yang diwakilkan Asisten bidang pemerintahan Murwanto, mengatakan, semakin meningkatnya kedewasaan politik masyarakat, maka diharapkan pelaksanaan Pilgub akan bisa terlaksana dengan aman dan sukses. Tentunya dibutuhkan komitmen tidak hanya dari Pemerintah Daerah, KPU, Panwaslu, Panwascam, serta aparat penegak hukum semata, akan tetapi juga dari pasangan calon beserta tim suksesnya, serta seluruh komponen masyarakat.

    "Semua pihak harus memiliki komitmen dan kesadaran politik yang tinggi untuk berpartisipasi, mendukung dan mematuhi segala ketentuan yang berlaku agar kompetisi ini dapat berlangsung secara demokratis, jujur dan adil," ucapnya.

    Tugas pengawasan lanjut Murwanto, pelaksanaan Pemilu sesungguhnya mengemban tugas mulia sekaligus memikul tanggung jawab yang berat. Karenanya Panwascam sebagai bagian dari lembaga resmi pengawas Pemilu benar-benar diuji untuk mengawal pelaksanaan demokrasi untuk terciptanya Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

    Menurutnya, sebagai lembaga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat maupun partai politik, Panwascam merupakan salah satu bagian penting dalam penanganan pelanggaran Pemilu, sekaligus harus berhadapan dengan berbagai kepentingan dari pihak-pihak penyelenggara Pemilu.

    "Oleh karena itu, tugas Panwascam tidak bisa dianggap sebelah mata bahkan sarat dengan nilai-nilai patriotik, karena hasil Pemilu akan sangat menentukan masa depan bangsa lima tahun kedepan,” harap Murwanto.

    Sementara itu Rinto Hariyadi mengatakan, anggota panwas kecamatan supaya menjaga netralitas serta bekerja dengan penuh tanggung jawab, teliti dan adil. Mengingat pelaksanaan Pilgub pada Juni mendatang, maka diminta panwas kecamatan segera melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan.

    "Juga mengusulkan sekretariat Panwascam dan memulai proses pembentukan PP. Termasuk menyusun program kerja dan kegiatan dalam melaksanakan tahapan-tahapan pemilihan berikutnya," ucapnya. (ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top