• Berita Terkini

    Kamis, 19 Oktober 2017

    Agus Haryanto Terpilih jadi Kades Meles

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Desa Meles, Kecamatan Adimulyo, menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (Pilkades PAW), Rabu (18/102017). Sebanyak tiga calon kades mengikuti Pilkades PAW tersebut. Yakni calon nomor urut 1 atas nama Samyono, calon nomor urut 2 Pawitno dan calon nomor urut 3 Agus Haryanto.

     Dari hasil pemungutan suara, calon kades nomor urut 3 unggul dengan memperoleh 119 suara dan calon nomor urut 1 hanya mendapatkan 21 suara. Sedangkan, calon kades nomor urut 2 meraih 81 suara. Dengan perolehan suara tersebut, Panitia Pilkades setempat menetapkan Agus Haryanto menjadi Kepala Desa Meles terpilih.

    Dari 225 Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebanyak 223 pemilih menggunakan hak suaranya, 2 diantaranya dinyatakan tidak sah. Sedangkan, orang tidak menggunahakan haknya.

    Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kebumen, Asep Nurdiana, mengatakan kepala desa terpilih akan menjalankan tugasnya hingga 2019 mendatang. Hal ini lantaran sisa masa jabatan kepala desa sebelumnya yang meninggal dunia akan berakhir pada tahun 2019.

    "Sesuai dengan ketentuannya yang bersangkutan bertugas sampai sisa masa jabatan kepala desa sebelumnya berakhir," kata Asep Nurdiana, disela-sela memantau penyelenggaraan Pilkades PAW di Balai Desa Kemukus, kemarin..

    Asep, menjelaskan setelah ini Bupati Kebumen akan menetapkan kepala desa terpilih dengan menerbitkan SK paling lambat 30 hari. Selanjutnya, bupati juga berkewajiban melantik kepala desa terpilih paling lambat 30 hari setelah diterbitkannya SK.

    Nantinya, kata Asep, Kepala Desa Meles terpilih pelantikannya bisa dibarengkan dengan Kepala Desa terpilih Desa Wirogaten, Kecamatan Mirit dan Kepala Desa terpilih Desa Kemukus, Kecamatan Gombong. "Bisa juga kita barengkan dengan pelantikan 49 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak lalu," terang Asep.
     Disela-sela memantau, pelaksanaan Pilkades PAW tersebut, Wakil Bupati Yazid Mahfud, berharap melalui Pilkades tersebut akan terpilih kepala desa berkualitas, profesional dan paham tentang pengelolaan pemerintahan. "Yang kalah harus legowo demikian halnya yang menang agar bisa merangkul rivalnya demi kemajuan bersama," tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top