• Berita Terkini

    Tuesday, October 17, 2017

    1.807 Rumah di Kebumen Terendam Banjir

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebanyak 1.807 rumah di Kabupaten Kebumen, terendam banjir menyusul hujan deras yang mengguyur selama dua hari terakhir, Senin-Selasa (16-17/10/2017). Adapun total warga terdampak meliputi 3.072 Kepala Keluarga (KK) dan 9.915 jiwa meliputi dua kecamatan, masing-masing Alian dan Kebumen.

    Tidak ada korban jiwa atau luka akibat kejadian ini, namun aktivitas warga sempat lumpuh akibat banjir.

    Merujuk pada data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, di Alian banjir merendam empat desa. Masing-masing Sawangan, Seliling, Bojongsari, Surotrunan. Sementara, di Kecamatan Kebumen, banjir melanda Sumberadi, Jatisari, Wonosari, Mengkowo, Roworejo, Tanahsari.

    Penyebab banjir sejauh ini disebabkan karena jebolnya tanggul Sungai Kedungbener akibat tak kuat menahan guyuran hujan deras. Luapan air lantas menerjang pemukiman penduduk dengan ketinggian air bervariasi dari 70 cm bahkan sempat mencapai 1,5 meter dan masuk ke rumah warga. "Sejauh ini air mulai surut," kata Kepala Bidang Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Muhyidin, Selasa.

    Selain merendam pemukiman penduduk, banjir juga menggenangi areal persawahan. Tak hanya banjir, hujan deras juga membuat pohon tumbang dan menimpa rumah warga juga ejadian longsor di sejumlah titik seperti di Kecamatan Ayah, Buayan, Sempor, Pejagoan. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa ini, namun sejumlah rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top