• Berita Terkini

    Wednesday, September 6, 2017

    Sejumlah Persoalan Masih Ditemui di Pilkades Serentak

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 49 desa di 22 kecamatan se Kabupaten Kebumen, menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak, Rabu (6/9/2017). Secara umum, pelaksanaan Pilkades kemarin berjalan lancar.

    Namun, terdapat beberapa persoalan mewaranai pesta demokrasi tingkat desa itu. Seperti terjadi di Desa Jatisari, Kecamatan Kebumen. Di desa ini ditemukan ratusan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda. Beruntung, persoalan tersebut terdeteksi oleh Unit Intelkam Polres Kebumen pada malam sebelum pemungutan suara. Kejadin itu langsung dilaporkan ke panitia Pilkades setempat.


    Dari data berita acara kroscek pendistribusian surat undangan kepada pemilih terdapat 144 undangan ganda, yang tersebar di lima pedukuhan. Yakni Dukuh Kedungjati dari 949 DPT, undangan terbagi 667, tidak terbagi 254 dan undangan ganda sebanyak 28 buah.

    Kemudian, Dukuh Penasutan, dari 1.296 DPT terbagi 894 dan terdapat 18 undangan ganda. Dukuh Jatisalam, 1.547 DPT terbagi 1.096 dan undangan ganda sebanyak 49, Kuwayuhan jumlah DPT 837 yang terbagi 468 undangan dan undangan ganda sebanyak 33 buah. Serta Dukuh Wonoboyo, dari 650 DPT undangan yang terbagi sebanyak 420 dengan jumlah undangan ganda sebanyak 16 buah.

    Kabag Pemerintahan Setda Kebumen, Asep Nurdiana, mengatakan persoalan tersebut sudah langsung diselesaikan pada malam sebelum pemungutan suara. Sehingga pelaksanaan Pilkades di desa setempat pun tidak bermasalah. "Malam itu juga undangan yang ganda itu langsung diamankan oleh panitia," kata Asep Nurdiana, saat mendampingi Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, memantau penyelenggaraan Pilkades di sejumlah desa di Kecamatan Kebumen, Rabu pagi.

    Asep menegaskan, persoalan DPT di Desa Jatisari karena data yang digunakan menggunakan DPT pada Pilkada lalu. "Yang digunakan itu DPT Pilkada," ujarnya.

    Sementara itu, jumlah calon yang ikut dalam Pilkades tersebut 157 orang, yang tersebar di 40 desa. Adapun desa-desa yang menggelar Pilkades serentak yakni, Kecamatan Adimulyo 2 desa, Alian 3 desa, Ambal 1 desa, Ayah 2 desa, Bonorowo 1 desa, Buayan 3 desa. Kemudian, Buluspesantren 3 desa, Gombong 1 desa, Karanggayam 1 desa, Karangsambung 3 desa, Kebumen 7 desa.

    Selanjutnya, Klirong 2 desa, Kutowinangun 2 desa, Kuwarasan 2 desa, Mirit 1 desa, Pejagoaon 1 desa. Petanahan 2 desa, Prembun 3 desa, Puring 1 desa, Rowokele 3 desa. Sempor dan Sruweng masing-masing 2 desa.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top