• Berita Terkini

    Saturday, September 9, 2017

    Satu Hektare Lahan Tebu di Rembang Terbakar

    ILUSTRASILUSTRASI
    REMBANG – Lahan tebu sekitar satu hektare di Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem, kemarin (9/9) pagi terbakar. Penyebab kebakaran diduga ada warga yang membakar sampah di dekat lahan tebu tersebut.

    Api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran (damkar) bersama warga sekitar pukul 10.00. Akibat kebakaran itu, kerugian yang diderita pemilik lahan sekitar Rp 5 juta.

    Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 08.00 itu menimpa lahan tebu milik KH Khambali Abu Sujak (alhamrhum). Awalnya, Wagiman membakar rumput kering di tempat pembuangan. Tempat tersebut di sekitar musala yang berdekatan dengan lahan tebu.

    Wagiman kemudian pulang dan meninggalkan rumput yang dibakarnya. Sekitar 15 menit kemudian, Lilik melihat api membakar sebagian lahan tebu. Kemudian dia berteriak kalau ada kebakaran. Wagiman kembali ke tempatnya membakar rumput.

    Komandan Regu Damkar Sarpani menjelaskan, awalnya warga berinisiatif memadamkan api. Tapi, tiupan angin yang kencang menjadi sulit. Pihaknya menurunkan satu unit mobil pemadam dan dua mobil tangki.

    Dia mengakui, lokasi lahan yang dekat dengan pantai dan tambak membuat api mudah terkena angin yang kencang. Sebenarnya ada satu rumah warga yang berdekatan dengan lokasi terbakarnya lahan. Beruntung, rumah itu tak ikut terbakar. ”Angin itu sangat kencang. Jadi api mudah membesar. Apalagi ini lahan tebu kalau terbakar termasuk cepat,” ungkapnya.

    Sekitar pukul 10.00, api berhasil dipadamkan. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari warga setempat, tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Sarpani berharap, warga bisa lebih berhati-hati ketika membakar sampah. Apalagi, jika lokasinya berdekatan dengan lahan tebu. Sebelum meninggalkan sampah yang dibakar, pastikan tidak ada titik api yang tersisa. (lid/ris)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top