• Berita Terkini

    Thursday, September 28, 2017

    Saat Badan Pesawat C-130 Hercules Bikin Heboh Warga Kebumen

    foto-foto ahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Fuselage (badan pesawat) C-130 Hercules A-1301 TNI AU yang tengah dalam perjalanan Bandung-Jogjakarta, melintasi Kabupaten Kebumen pada Kamis sore (28/9/2017). Kendati pesawat berukuran raksasa itu hanya lewat, warga mengeluk-elukannya bahkan rela menunggu di sepanjang rute perjalanan yang melintas di Jalan Lintas Selatan (JLS).


    Besarnya ukuran pesawat yang nyaris memakan setengah badan jalan tersebut pun harus dikawal aparat. Perjalanan pun lancar. Namun, ketegangan muncul saat pesawat hendak melintas di jembatan Muktisari Kecamatan Kebumen.


    Tinggi pesawat yang mencapai 15 meter tersebut dikhawatirkan nyangkut di palang jembatan bagian atas. Warga pun sempat menahan nafas sekaligus menyiapkan smartphone untuk mengabadikan momen langka tersebut.

    Akhirnya, badan pesawat berhasil lewat meski jarak badan pesawat dengan palang jembatan kurang lebih sejengkal. Tarikan nafas lega diikuti sorakan warga pun terdengar saat pesawat melewati sepenuhnya jembatan sepanjang tak kurang dari 100 meter tersebut. “Hore... muat...,” ucap warga terdengar girang.


    Pesawat C-130 Hercules A-1301 harus menempuh perjalanan ribuan kilometer dari tempat semula, Pangkalan Udara (Lanud) Sulaiman Bandung dengan tujuan Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta. Nantinya, pesawat yang dimiliki oleh TNI AU tahun 1960 itu akan menjadi koleksi terbaru Muspusdirla Yogyakarta.

    Pemindahan ini dilakukan bertahap. Sejumlah badan pesawat telah terlebih dahulu tiba di Muspusdirla. Baru kemudian bagian-bagian lain menyusul.(cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top