• Berita Terkini

    Sunday, September 10, 2017

    PWN Kebumen Bakal Gelar Bedah Rumah dan Pengobatan Gratis

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Paguyuban Wong Ngapak (PWN) Poswil Kabupaten Kebumen akan mengadakan kegiatan sosial di Desa Ginandong, Kecamatan Karanggayam, akhir bulan September nanti. Kegiatan sosial tersebut berupa bedah rumah dan pengobatan gratis.

    Hal itu dikatakan Koordinator PWN Poswil Kabupaten Kebumen, Syahrul, saat beraudiensi dengan Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, di Rumah Dinas Bupati Kebumen.

    Dalam kesempatan itu Mohammad Yahya Fuad yang didampingi Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Masagus Herunoto, menyambut baik rencana kegiatan tersebut.

    “Awal saya menjabat Bupati Kebumen, jumlah Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) sekitar 26.000 unit. Pada tahun pertama, 2016, sudah dilakukan pemugaran RTLH sebanyak 5.514 unit. Sehingga sampai akhir masa jabatan saya nanti, semua RTLH di Kabupaten Kebumen diharapkan sudah dipugar semua,” jelas Fuad.

    Lebih lanjut dijelaskan Mohammad Yahya Fuad, untuk menuntaskan pemugaran RTLH telah disepakati pengalokasian anggaran dari APBD dan APBDes. Sehingga untuk setiap unit RTLH yang dipugar dengan dana APBD Kabupaten Kebumen, APBDes setempat diminta juga mengalokasikan anggaran untuk pemugaran satu unit RTLH.

    “Program-program CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kebumen juga kita arahkan untuk bisa digunakan membantu pemugaran RTLH. Jika ada masyarakat yang ikut berpartisipasi tentu akan bisa lebih mempercepat penuntasan pemugaran RTLH,” tambahnya.

    Karena terkait dengan tupoksi Dinas Perkim dan LH, Masagus Herunoto menyambut gembira apabila PWN hendak berkoordinasi dengan pihaknya. “Agar tidak terjadi duplikasi kegiatan dengan sasaran yang sama,” ujarnya.

    Sekretaris PWN Poswil Kabupaten Kebumen, Sukarti, menambhakan program bedah rumah yang untuk kedua kalinya dilaksanakan di Kebumen, memang baru semacam percontohan. Sehingga baru bisa membedah satu unit RTLH. “Ke depannya dengan semakin banyak pihak yang bisa bekerja sama, PWN berharap bisa melaksanakan lebih banyak lagi,” harapnya. (ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top