• Berita Terkini

    Rabu, 27 September 2017

    Program Layanan Kesehatan Non JKN KIS Diluncurkan Hari ini

    Mohammad Yahya Fuad
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, dijadwalkan akan melaunching Program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Non JKN-KIS, di Puskesmas Pejagoan, Rabu (27/9/2017). Inovasi ini untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kebumen.

    Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kebumen, Sukamto, mengatakan program ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Kebumen untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi semua warga yang belum tercover dengan Jaminan Kesehatan Nasional.

    Selain itu, sasaran layanan ini diantaranya Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang telah ditetapkan dengan Keputusan Dinas Kesehatan. Kemudian, pengemis, gelandangan dan orang terlantar yang direkomendasikan oleh Dinas Sosial dan PPKB.

    "Warga yang tidak miskin tapi juga tidak mampu, tidak punya kartu BPJS, atau KIS nantinya bisa berobat gratis di Puskesmas. Caranya cukup menunjukan KTP Kabupaten Kebumen," kata Sukamto, Selasa (26/9).

    Adapun pelayanan kesehatan yang dibantu pembiayaan melalui program ini, yaitu pelayanan rawat jalan dan rawat inap di Puskesmas rawat inap. Kemudian, pelayanan rawat inap rujukan dari Puskesmas ke rumah sakut yang ditunjuk, serta pelayanan persalinan di Puskesmas.

    Sebanyak 10 puskesmas rawat inap sudah disiapkan untuk inovasi layanan kesehatan baru ini, meliputi  Puskesmas Rawat Inap Ayah I, Gombong I, Karanganyar, Karangsambung, Petanahan, Pejagoan, Kutowinangun, Mirit, Ambal I dan Alian.

    "Sedangkan, rumah sakit rujukan untuk program ini, Rumah Sakit dr Soedirman Kebumen dan Rumah Sakit Umum Daerah Prembun," tutupnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top