• Berita Terkini

    Monday, September 18, 2017

    Permadani Kebumen Perpanjang Pendaftaran Pawiyatan

    Wuryanto
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Dewan Pengurus Daerah Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (DPD Permadani) Kebumen memperpanjang masa pendaftaran Pawiyatan Pranatacara dan Pawedarsabda hingga 30 September mendatang. Pawiyatan Pranatacara dan pawedarsabda (kursus pembawa acara dan pidato Bahasa Jawa) tahun 2017 ini merupakan yang ke 16.

    Awalnya pendaftaran dilaksanakan mulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2017. Kendati demikian demi memberikan kesempatan kepada para siswa dan SLTA dan masyarakat umum maka waktu pendaftaran diperpanjang. Adapun pawiyatan rencana akan dilaksanakan pada 10 Oktober hingga 11 Maret 2018. Tempat pelaksanaan yang semula direncanakan di Aula Dinas Kepemudaan dan Olah Raga dan Pariwisata (Dispirawisata) Kebumen, kini diganti di LKP Ngesti Utomo Jalan Kutoarjo nomor 20 Kebumen.

    Kursus pembawa acara dan pidato Bahasa Jawa dilaksanakan oleh Permadani Kebumen dalam rangka membantu pemerintah melestarikan budaya Jawa/Indonesia, khususnya menumbuhkembangkan Kebudayaan Jawa/Nasional. Adapun kursus dilaksanakan untuk pelajar SLTA/Umum.

    Ketua DPD Permadani Kebumen Drs Wuryanto MMPd menyampaikan, pendaftaran untuk mengikuti kursus bertempat pada Dinas Pendidikan Kebumen yakni Kasi Kebudayaan Ismangun SPd atau Staf Seksi Kebudayaan Eko Haryono SE. Pendaftaran juga dapat dilaksanakan di Kantor Kecamatan Petanahan yakni Camat Petanahan Dra Sri Kuntari MSi. Selain itu pada UPTD Dinas Pendidikan Kutowinangun yakni Pengawas TK/SD Drs  HB Sutoto.

    Pendaftaran juga dapat dilaksanakan kepada Nugraha SE MM RT 1 RW 4 Gang Jati 9a Kelurahan Bumirejo Kebumen. Ketua HARPI Melati Kebumen Hj Sri Yuliastuti di Jalan Raya Sokks-Petanahan nomor 9 Pejagoan juga dapat menerima pendaftaran. “Selain itu pendaftaran dapat dilaksanakan di LKP Ngesti Utomo Kebumen dan SMP Taman Dewasa Karanganyar yakni Brontoseno,” tuturnya, Senin (18/9/2017)

    Wuryanto yang merupakan Pensiunan Sekretaris Disporawisata Kabupaten Kebumen menjelaskan, dalam Pawiyatan Pranatacara dan Pawedarsabda Bregada XIV peserta akan memperoleh materi 12 materi. Adapun beberapa materi tersebut yakni, Kepermadanian, Budi Pekerti, Bahasa Jawa Tuwin Satstra, Kepanatacaran, Renggeping Wicara, Adat Tata Cara Jawi, Sekar lan Gendhing, Ngedi Busana lan Ngedi Sarira, Padhuwungan, Sekar Setaman, Momotan Lokal dan Gleden. “Para peserta juga akan mendapatkan buku materi pokok (Gegaran Baku Pawiyatan) dan snack selama pelatihan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top