• Berita Terkini

    Sunday, September 10, 2017

    Mirip Tumpeng, Nanas ini Bikin Heboh Banyumas

    agus/radarbanyumas
    BANYUMAS - Warga Desa Pernasidi, Kecamatan Cilongok tepatnya di Komplek Situ Elok digegerkan dengan munculnya buah nanas yang mempunyai mahkota menyerupai  gunungan atau tumpeng dan dibagian bawahnya terdapat delapan cabang nanas yang ukurannya lebih kecil. Buah nanas yang muncul unik tersebur berada di tepi Situ Elok Pernasidi dan menjadi tontonan warga karena keanehan bentuknya.

        Salah satu warga setempat Sunaryo mengatakan, buah nanas yang tumbuh di depan rumahnya merupakan kejadian yang kali ketiga setelah terakhir tumbuh dan berbuah pada tahun 2015 lalu. Pada pohon yang pertama, buah nanas yang tumbuh mempunyai bentuk mengerucut dengan tinggi sampai 20 sentimeter. Kemudian di bagian bawah tumbuh delapan cabang buah nanas dengan ukuran lebih kecil.

    "Yang kedua, buah nanas bagian pucuk ada tunas yang banyak menyerupai kipas dan dari beberapa tanaman hanya satu yang berbuah aneh. Dan kali ketiga ini, pohon yang sebelumnya sudah tertimbun tanah, kembali bertunas dan berbuah dengan bentuk aneh,"jelasnya, Sabtu (9/9).

    Yang berbeda dengan tiga kejadian, pada berbuahnya nanas kali ini bukan hanya satu tanaman, tetapi ada tiga tanaman yang berbuah dengan bentuk seperti tumpeng. Sehingga munculnya buah nanas yang dianggap warga aneh dan unik menjadi tontonan warga yang berbondong-bondong ke komplek Situ Elok untuk melihat dari dekat nanas bentuk unik. Hampir setiap hari ada warga yang menanyakan buah nanas mulai dari bentuk sampai asal usul pohon.

    "Dulu depan rumah saya banyak pohon nanas dalam satu rumpun. Kemudian ada yang berbuah dan ternyata buahnya unik. Terkait asal-usul pohon berasal dari luas Banyumas yang saya tanam hanya satu pohon,"ujarnya.

    Saat ini, pohon nanas tersebut dibiarkan tumbuh dan terus dirawat supaya buahnya bisa sampai matang. "Ada warga yang berani membayar buah nanas tersebut sama pohonnya, tetapi tidak saya jual,"jelas Sunaryo.

    Sementara itu, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Cilongok, Sudjono menjelaskan, adanya buah nanas yang mengalami dianggap warga aneh dan unik, hal itu disebabkan karena adanya kelainan genetik. Sehingga buah nanas tersebut mengalami kelainan bentuk tidak seperti buah nanas pada umumnya.

     "Adanya kelainan genetik saat pembuahan menyebabkan bentuk buah nanas tidak seperti buah nanas pada umumnya. Hal itu wajar dan memang karena tidak lazim jadi dianggap aneh,"jelasnya. (gus)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top