• Berita Terkini

    Tuesday, September 12, 2017

    Mahasiswa STIE PB Kebumen Ikuti Pelatihan Investasi Pasar Modal

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa Kebumen menggelar “In House Training : Seminar Pasar Modal”. Kegiatan untuk memberikan pencerahan tentang peluang bisnis baru dalam bentuk investasi di pasar modal itu dilaksanakan di Galeri investasi STIE Putra Bangsa, Senin (11/9/2017).

    Training pasar modal dengan mengangkat tema “Sehari Mengenal Pasar Modal” juga menghadirkan Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Daerah Istimewa Yogyakarta Irfan Noor Riza, Kepala Cabang PT Phintraco Sekuritas - Yogyakarta Handoyo Priyadi dan Konsultan Investasi Pasar Modal PT Phintraco Sekuritas Rully.

    Ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho SE MM menyampaikan kini, pasar modal menjadi isu penting dalam perjalanan ekonomi suatu negara. Bahkan di Negara China, hampir sebagian besar penduduknya ikut terlibat dalam perdagangan saham. Perdagangan saham di China bahkan telah dilakukan oleh para petani. “Pasar Modal telah menjadi Leading Indicator perekonomian. Hal itu mampu menggambarkan perkembangan ekonomi suatu negara, artinya jika iklim pasar modal baik dan berkembang, maka ekonomi suatu negara tersebut juga akan baik,” tuturnya.

    Pasar Modal, lanjutnya, sangat penting bagi dunia bisnis. Adanya perkembangan yang semakin cepat menuntut sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi dalam bidang pasar modal. “Hal itu, juga menuntut kesiapan perguruan tinggi untuk mengurangi kesenjangan antara teori dan praktik pada dunia bisnis,” tegasnya.

    Berdasarkan permasalahan dan tantangan tersebut, kata Wiwiho, STIE Putra Bangsa bekerja sama dengan BEI dan Phintraco Sekurtias untuk menyelenggarakan in house training “sehari mengenal pasar modal”. Dengan adanya seminar,  maka akan memberikan Informasi yang komprehensif dan utuh kepada dosen dan mahasiswa tentang dunia pasar modal.

    Bahkan doses dan mahasiswa dapat praktik bertransaksi di pasar modal. “STIE Putra Bangsa telah berdiri Galeri Investasi. Galeri Investasi merupakan wadah untuk menjembatani pasar modal kepada perguruan tinggi yang bertujuan untuk mengenalkan pasar modal sejak dini kepada dunia akademisi,” paparnya.

    Wiwoho menambahkan pendirian Galeri Investasi juga mencakup kerja sama antara BEI, perguruan tinggi, dan perusahaan sekuritas. Adanya galeri itu, diharapkan tidak hanya mengenalkan pasar modal dari sisi teori saja melainkan juga dapat terjun langsung ke dunia praktik.

    Di dalam Galeri Investasi, mahasiswa tidak hanya menjadi objek namun juga subjek yakni menjadi pelaku pasar modal yang tergabung dalam kelompok studi pasar modal (KSPM).  “Komunitas KSPM ini terdiri dari kumpulan mahasiswa yang saling berdiskusi serta memberikan ide-ide kreatif terkait dengan perkembangan pasar modal. Visi dibentuknya KSPM adalah menciptakan generasi yang memiliki pengetahuan yang luas di bidang pasar modal,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top