• Berita Terkini

    Thursday, September 28, 2017

    Lewat Kebumen, Fuselage C-130 Hercules Jadi Tontonan Warga

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pengangkutan Fuselage (badan pesawat) dari pesawat C-130 Hercules A-1301 TNI AU, dari Bandung ke Yogyakarta menjadi tontonan tersendiri bagi warga. Beberapa warga yang menonton pun, mengabadikan pemandangan langka tersebut dengan cara mengambil gambar menggunakan handphone.

    Pengangkutan pesawat C-130 Hercules A-1301 TNI AU diberangkatkan dari Bandung sejak Jumat (22/9/2017) lalu, menggunakan heavy truck trailer nopol B 9035 UEI. Besarnya pesawat yang melebihi setengah lebar jalan, membuat pengangkutan pesawat mendapat pengawalan ketat dari mobil polisi.

    Adapun rute pengangkutan pesawat yakni Bandung, Rancaekek, Nagrek, Limbangan, Ciawi, Tasikmalaya, Banjar, Wangon, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Purworejo, Yogyakarta untuk kemudian menuju Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta. Pengangkutan pesawat sampai di Kebumen, Kamis (28/9/2017) sekitar pukul 15.00 WIB.

    Dari beberapa informasi yang berhasil dihimpun, beberapa bagian dari pesawat C-130 Hercules A-1301 telah terlebih dahulu tiba di Muspusdirla.  Dari pantauan Kebumen Ekspres, lebarnya pesawat membuat jalan raya yang dilewati tidak dapat digunakan untuk dua arah.

    Mobil polisi yang menjadi pengawal pengangkut pesawat terlebih dulu melaju di depan untuk menghentikan kendaraan dari arah yang berlawan. Ucapan selamat dan terima kasih pun terdengar melalui pengeras suara dari dalam truk pengangkut.

    Marti (56) salah satu penjaga warung mengatakan, sebelumnya, truk yang mengangkut helikopter juga melintas di Simpang Lima Kebumen sekitar pukul 07.00 WIB. “Tadi pagi juga ada namun jenis helikopter,” tuturnya.

    Meski pengangkutan berjalan lancar, namun  beberapa warga tampak penasaran, apakah badan pesawat yang diangkut dapat melewati Jembatan Muktisari. Jika dilihat dari lebarnya, sudah barang tentu Jembatan Muktisari dapat dengan mudah dilewati.

    Kendati demikian, warga penasaran apakah tinggi pesawat dapat melewati jembatan tersebut. “Saya penasaran aja, makanya dari tadi menunggu di Jembatan,” tutu Tugiyo (45), salah satu warga.

    Selang beberapa saat menunggu terdengar sirine mobil polisi, hal itu menandakan trailer pengangkut pesawat sebentar lagi tiba. Saat melihat trailer pengangkut pesawat, para warga pun dengan sigap menyiapkan smartphone untuk mengabadikan moment langka tersebut. Alhasil meski pun tampak mepet, namun badan pesawat dengan mudah melewati jembatan. “Hore... muat...,” ucap warga terdengar girang. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top