• Berita Terkini

    Tuesday, September 12, 2017

    Di Hari Terakhir, Pendaftar Serbu Kantor Panwaskab Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Hari terakhir pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Kantor Panwas Kebumen yang berada di Jalan Tentara Pelajar Nomor 21 Kebumen, diserbu oleh para pendaftar, Selasa (12/9/2017). Para calon Panwascam (Capanwascam_red) datang dari berbagai kecamatan untuk mendaftarkan diri.

    Kendati padat pendaftar, namun hingga pukul 15.30 WIB, belum semua kecamatan memenuhi kuota pendaftar. Pasalnya, meski hanya dibutuhkan tiga, namun masing-masing kecamatan minimal terdapat sembilan pendaftar. Dari 26 kecamatan yang ada di Kebumen, sementara ini terdapat 13 kecamatan yang belum memenuhi kuota pendaftar.

    Ketua Panwas Kabupaten Kebumen Maesaroh MAg, menyampaikan, pendaftaran calon Panwascam di buka pada 6-12 September. Setelah ditutup, pada 13 September akan dilaksanakan pengumuman hasil seleksi berkas administrasi. “Khusus untuk kecamatan yang belum memenuhi kuota pendaftar, akan diberi waktu tambahan yakni pada tanggal 13 September,” tuturnya.

    Dijelaskannya, tahap selanjutnya setelah peserta lolos seleksi administrasi yakni mengikuti test tertulis pada 16 September mendatang. Bagi peserta yang lolos seleksi test tertulis akan mengikuti test wawancara yang dilaksanakan pada 18-21 September mendatang. “Pengumuman akan disampaikan pada tanggal 25 September. Adapun pelantikan Panwascam dilaksanakan pada tanggal 26 September,” paparnya.

    Meski terdapat 13 Kecamatan kuota sembilan peserta, namun terdapat pula kecamatan yang mempunyai banyak pendaftar. Bahkan di Kecamatan Kebumen terdapat 23 pendaftar dan di Kutowinangun terdapat 20 pendaftar. “Penetapan jumlah kuota pendaftar minimal sembilan orang sesuai dengan surat Ketua Bawaslu Republik Indonesia Nomor 0681/Bawaslu/SJ/TU.00.01/IX/2017, tertanggal 8 September 2017 perihal Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan,” jelasnya.

    Maesaroh mengungkapkan, hingga pukul 15.30 WIB, ke 13 kecamatan yang belum memenuhi kuota yakni Klirong 3 peserta, Puring baru 7 Peserta, Ayah 8 peserta, Kuwarasan 6 peserta, Sadang 7 peserta, Karanganyar 7 peserta, Prembun 8 peserta, Karanggayam 3 peserta, Buayan 6 peserta, Rowokele 6 peserta, Bonorowo 5 peserta, Padureso 3 peserta dan Sempor 5 peserta. “Kendati masih kurang, namunKami optimis 13 kecamatan tersebut, dapat mencapai target minimal pendaftar hari ini,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top