• Berita Terkini

    Friday, September 22, 2017

    169 Capanwascam Lolos Seleksi Tertulis

    IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Sebanyak 169 calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kebumen dinyatakan lolos seleksi tertulis. Selanjutnya mereka mengikuti proses wawancara yang dilaksanakan selama empat hari sejak 19-23 September.

    Ketua Panwaskab Kebumen Maesaroh MAg menyampaikan, tes wawancara dilaksanakan di Sekretariat Panwas Kabupaten Kebumen secara bertahap. Peserta wawancara yakni peringkat ke enam dari hasil test tertulis di masing-masing kecamatan. “Total pendaftar calon Panwascam sebanyak 311 peserta dan yang lolos tes tertulis sejumlah 169," tuturnya, Jumat (22/9/2017).

    Dia menambahkan, pelaksanaan test telah dimulai pada Selasa (19/9) untuk peserta dari Kecamatan Ayah, Rowokele, Buayan, Sempor, Prembun, Kutowinangun dan Kebumen. Sementara peserta dari Kecamatan Karanggayam, Sadang, Karangsambung, Petanahan, Adimulyo, Sruweng dan Pejagoan mengikuti seleksi wawancara pada Rabu (20/9). Kecamatan Bonorowo, Mirit, Ambal, Padureso, Buluspesantren, Klirong dan Alian dilaksanakan Jumat (22/9). Sedangkan hari ini Sabtu (23/9) merupakan giliran Kecamatan Puring, Kuwarasan, Poncowarno, Karanganyar, dan Gombong.

    Kendati peserta yang mengikuti test wawancara diambil dari peringkat 1 sampai enam, namun terdapat beberapa kecamatan yang pesertanya lebih dari enam perserta. Hal ini sesuai dengan arahan dari Bawaslu, yakni apabila terdapat peserta tes tertulis yang mendapat nilai sama maka tetap diloloskan.

    Adapun jumlah masing-masing peserta setiap kecamatan yakni  Ayah 6 peserta, Rowokele 6 peserta, Buayan 6 peserta, Kuwarasan 8 peserta, Puring 7 peserta, Gombong 7 peserta, Sempor 6 peserta dan  Karanganyar 7 peserta, Karanggayam 6 peserta, Adimulyo 8 peserta, Sruweng 6 peserta, Petanahan 8 peserta, Klirong 6 peserta, Pejagoan 6 peserta. Selain itu untuk Kecamatan Kebumen 7 peserta, Buluspesantren 6 peserta, Ambal 7 peserta, Mirit 7 peserta, Kutowinangun 7 peserta, Prembun 6 peserta, Bonorowo 6 peserta, Poncowarno 6 peserta, Karangsambung 6 peserta, Alian 6 peserta, Padureso 6 peserta dan Sadang 6 peserta. "Sesuai dengan ketentuan yang ada setiap kecamatan diambil enam peringkat teratas. Namun jika nilainya sama, maka peserta berhak ikut tes wawancara, sehingga jumlah peserta setiap kecamatan berbeda," paparnya.

    Sebelumnya, pendaftaran calon Panwascam dibuka pada 6-12 September. Setelah peserta lolos seleksi administrasi tahap selanjutnya mengikuti test tertulis pada 16 September. Bagi peserta yang lolos seleksi test tertulis akan mengikuti test wawancara yang dilaksanakan pada 19-23 September. Pengumuman akan disampaikan pada tanggal 25 September. Adapun pelantikan Panwascam dilaksanakan pada tanggal 26 September. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top