• Berita Terkini

    Monday, August 7, 2017

    Surat dan Kelengkapan Kendaraan Prajurit TNI Diperiksa

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Kodim 0709/Kebumen menggelar apel dan pemeriksaan kendaraan dinas dan pribadi prajurit dan PNS TNI AD. Pemeriksaan terhadap 560 unit kendaraan roda dua itu, digelar di halaman Makodim 0709/Kebumen, Senin (7/8/2017).

    Pelaksanaan pemeriksaan kendaraan dinas dan pribadi tersebut dilakukan oleh Tim pemeriksa yang terdiri dari anggota Denpom IV/5 Semarang dipimpin Dansub Lettu Pom Suwardi dengan didampingi langsung oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Kaveleri Suep SIP.

    Pemeriksaan kendaraan meliputi kelengkapan administrasi surat-surat kendaraan, SIM pemakai kendaraan dan kondisi fisik kendaraan. Semua bagian kendaraan seperti lampu, ban, rem serta kebersihan tak luput dari pemeriksaan. Sementara itu anggota TNI yang menggunakan kendaraan dinas harus memiliki SIM Khusus TNI yakni dari Detasemen Polisi Militer (Denpom).

    Dalam kesempatan itu Dandim 0709/Kebumen Letkol Kaveleri Suep SIP menyampaikan, pemeriksaan bukan hanya dilaksanakan pada kendaraan roda dua melainkan juga pada kendaraan roda empat. Semua anggota TNI Kodim 0709/Kebumen baik yang bertugas di Kodim maupun di Koramil diperiksa semua. “Dari Kodim sendiri telah melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin setiap bulan,” tuturnya.

    Adanya pemeriksaan kendaraan selain merupakan bentuk kedisiplinan juga bagian dari upaya keselamatan. Kendaraan harus dalam kondisi laik saat digunakan untuk bertugas. Kelaikan kendaraan harus selalu terjaga terlebih bagi para Babinsa yang mempunyai mobilitas tinggi pada setiap desa. “Jika terdapat kondisi kendaraan yang kurang baik, maka anggota harus segara melakukan perbaikan,” tegasnya didampingi Pasi Intel  Kapten Arh Kholiludin.

    Letkol Kaveleri Suep SIP menambahkan semua anggota TNI AD Kodim 0709/Kebumen telah memiliki SIM, baik SIM TNI untuk kendaraan dinas TNI maupun SIM umum. Sebelumnya telah dilakukan pendataan kepada semua anggota TNI Kodim 0709/Kebumen yang SIM umumnya telah habis. Setelah itu dilaksanakan pembuatan SIM massal bagi semua anggota yang belum mempunyai atau harus memperpanjang SIM. “Kemarin terdapat 156 anggota Kodim 0709/Kebumen yang mengikuti pembuatan SIM secara massal,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top