• Berita Terkini

    Monday, August 14, 2017

    Rayakan Ultah, SMA 1 Gombong Pentaskan Wayang Spektakuler

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 SMA Negeri 1 Gombong, menggelar wayang kulit spektakuler di sekolah setempat, Sabtu (12/8/2017) kemarin. Wayang kulit dengan lakon Mutiara Kesaput Lebu,  karangan Surawan pelatih wayang dan karawitan SMA Negeri 1 Gombong, itu disaksikan oleh sedikitnya 650 siswa kelas X dan kelas XI.

    Pagelaran tersebut didukung oleh 15 dalang, yang terdiri dari 2 orang guru, Charli Hariyadi dan Winarmoyo. Ditambah 13 dalang siswa siswi SMA Negeri 1 Gombong, dengan 18 anak penabuh gamelan dan 22 anak swarawati. Selain itu, pagelaran wayang kulit spektakuler yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 17.00 WIB juga diisi dengan Panembromo yang diikuti oleh 140 anak.

    Kepala SMA Negeri 1 Gombong,  Budi Riyanto, mengatakan pagelaran wayang tersebut dalam rangkaian peringatan HUT ke-54 SMA Negeri 1 Gombong, yang jatuh pada tanggal 16 Agustus nanti. "Apresiasi pagelaran wayang kulit sehari penuh ini adalah yang kedelapan," kata Budi Riyanto, kepada Kebumen Ekspres, Senin (14/8/2017).

    Menurutnya, pagelaran wayang sebagai upaya sekolah menjadi penjaga gawang untuk nguri-uri kebudayaan jawa. "Harapanya Siswa-Siswi SMA Negeri Gombong, mampu menjadi penerus sebagai penjaga gawang untuk nguri-uri Kebudayaan Jawa," ujarnya.

    Ia menambahkan, pada saat adegan limbukan diselingi tari kreasi Tari Tumandang, dengan 12 siswi penari, dan orkestra musik.

    Ketua Umum DKD Kebumen memberikan apresiasi atas penyelenggaraan pagelaran wayang tersebut. Pagelaran tersebut menjadi bukti bahwa SMA Negri 1 Gombong memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan pengembangan dan pelestarian seni dan budaya. "Pada umumnya, seni dan budaya jawa pada khususnya, kepada peserta didiknya," bebernya.

    Hadir pada pagelaran tersebut Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo, Ketua Komite SMA Negeri 1 Gombong, Muspika Kecamatan Gombong, Kepala-kepala SMP di sekitar Gombong dan Perwakilan Siswa SMP di sekitar Gombong.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top