• Berita Terkini

    Thursday, August 10, 2017

    Perajin Batik Kebumen Ngangsu Kawruh di Bantul

    istimewa/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sepuluh perajin batik asal Kabupaten Kebumen diberangkatkan ke Rizaka Batik Bantul, Yogyakarta. Mereka dikirim ke Yogyakarta untuk belajar batik pola. Program magang yang difasilitasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen itu berlangsung selama lima hari. Yakni mulai 9 hingga 13 Agustus mendatang.

    Peserta program magang batik pola tersebut diberangkatkan dari halaman Kantor Disperindag Kebumen, oleh Kepala Disperdindag Nugroho Tri Waluyo, Rabu (9/8/2017).
    Sepuluh perajin yang mengikuti program itu, berasal dari Desa Jemur Kecamatan Pejagoan, Desa Adikarso, Gemeksekti dan Desa Kalibagor Kecamatan Kebumen. Kemudian, Desa Seliling Kecamatan Alian, Desa Pekuwon Kecamatan Adimulyo, serta Desa Kebadongan dan Desa Dorowati Kecamatan Klirong.

    Mereka akan mengikuti kegiatan magang selama lima hari. Mulai 9 hingga 13 Agustus 2017. Peserta magang diserahkan oleh Sekretaris Disperindag Kabupaten Kebumen Drajat Triwibowo, yang didampingi Kasi Industri Logam Mesin dan Tekstil Muhari, kepada Balai Penelitian Pengembangan Batik dan Kerajinan Yogyakarta. Yang didampingi Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Bantul, serta Rizka Batik, yang telah berpengalaman dalam pembuatan batik pola.

    "Kita harapkan dengan kegiatan ini perajin batik Kebumen dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan, serta skill dan kualitas produk batik." ujar Nugroho Tri Waluyo.

    Ia berharap, produk-produk batik yang dihasilkan perajin Kebumen nantinya semakin mudah diterima oleh pasar. "Apalagi dengan Batik Pola, kain batik yang dihasilkan akan lebih mudah dijahit menjadi pakaian, dengan mengikuti pola yang ada. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para perajin batik," tutupnya.(ori)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top