• Berita Terkini

    Friday, August 4, 2017

    Penjaga Sekolah di Karanganyar Temukan Benda Mirip Granat

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Penjaga Sekolah Pendidikan Khusus Negeri Karanganyar Sukirno (35),  menemukan benda yang mirip granat di lokasi area sekolah tersebut. Benda mencurigakan mirip granat nanas itu akhirnya diserahkan kepada Koramil 04/Keranganyar, Jumat (4/8/2017) sekitar pukul 13.30 WIB.

    Kepada petugas Koramil Karanganyar, Sukirno mengatakan sebetulnya benda tersebut dia temukan sekitar tiga bulan yang lalu. Saat itu, dia yang sedang melakukan bersih-bersih, cangkulnya mengenai benda logam dan keras. Awalnya, dia mengira benda tersebut dinamo bekas sepeda

    Namun setelah diperhatikan, benda itu malah  mirip dengan granat nanas, yakni terdapat motif kotak-kotak pada bagian luar benda itu. Adapun berat benda tersebut sekitar 0,5 kilogram.

    Takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Sukirno lantas menyerahkan benda tersebut kepada pihak berwajib.

    “Saat ini benda kami amankan. Malam ini benda tersebut akan dibawa ke Kodim 0709/Kebumen yang selanjutnya akan dibawa ke Purworejo untuk diteliti,” tutur Danramil 04/Karanganyar Kapten Arm Sudarto melalui Babinsa Sertu Romadi didampingi Babinsa Kopka Roni AP.

    Kendati mirip sekali dengan granat, Sertu Romadi mengatakan belum dapat memastikan sepenuhnya dan akan membawa benda mirip granat tersebut kepada pakar amunisi TNI.

    "Jika benda ini memang granat maka dapat dipastikan, berasal dari masa perang Belanda. Radius ledaknya bisa mencapai 50 meter dan dapat menyebabkan kematian. Sedangkan pada radius 100 meter dapat menyebabkan luka-luka. Untuk itu jika memang granat maka akan sangat berbahaya, ” terangnya.

    Berbeda dengan Sertu Romadi, Babinsa Kopka Roni AP yakin sekali jika benda yang ditemukan tersebut merupakan sebuah granat. Kendati demikian jika dilihat dari bentuknya maka benda tersebut bukan jenis lempar granat melainkan ranjau darat. “Untuk itu setelah diserahkan benda itu, kami rendam dengan air,” terangnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top