• Berita Terkini

    Sunday, August 13, 2017

    Lomba PBB Tingkat SLTA Sepi Peserta

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sejak kewenanagan pengelolaan SMA/SMK sederajat ke provinsi, partisipasi jenjang SLTA pada kegiatan Agustusan yang diselenggarakan oleh Pemkab Kebumen menurun. Seperti pada beberapa lomba yang dikhususkan untuk kelas SLTA jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingan dengan jumlah sekolah yang ada.

    Misalnya penyelenggaraan lomba PBB di Alun-alun Kebumen, peserta dari SMA/SMK sederajat hanya 6 regu putra dan 8 regu putri.    

    Panitia pelaksana lomba Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI Kabupaten Kebumen, Edy Sukamsi, membenarkan hal itu. Edy Sukamsi mengakui disejumlah lomba jumlahnya minim peserta, khususnya peserta yang berasal dari jenjang SMA/SMK sederajat.

    "Penyebabnya saya kurang tahu. Kami sudah menyurati ke masing-masing sekolah untuk berpartisipasi," kata Edy Sukamsi, disela-sela penyelenggaraan lomba lari 8 kilometer di Alun-alun Kebumen, Sabtu (12/8/2017).

    Pria yang juga menjabat Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) ini, menyayangkan rendahnya partisipasi tersebut.

    Padahal, berbagai kegiatan yang berhubungan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI tujuannya adalah untuk menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme anak. "Semoga tahun depan bisa lebih banyak yang berpartisipasi," ujarnya.

    Berbagai lomba diselenggarakan panitia Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Kebumen. Diantaranya, lomba menghafal pembukaan UUD 1945 untuk jenjang SD/MI, yang diselenggarakan pada 8 Agustus. Kemudian, lomba PBB untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat, di Alun-alun Kebumen pada 9-10 Agustus 2017.

    Selanjutnya, lomba gerak jalan  untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat, startdan finishh di Alun-alun Kebumen pada 9-10 Agustus 2017. Kemudian, lomba lari jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat start dan finish di Alun-alun Kebumen, pada Sabtu 12 Agustus 2017.

    Sementara itu, pada lomba lari Sabtu kemarin diikuti oleh 107 peserta putra dan 80 putri dari SMP/MTs sederajat. Kemudian, peserta dari SMA/SMK sederajat sebanyak 102 putra dan 69 putri. Pada lomba lari delapan kilometer itu, peserta mengambil start di Alun-alun Kebumen-Jalan Pahlawan hingga Tugu Lawet, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kutoarjo. Dari petigaan lampu kuning Panjer, peserta belok kiri menuju Jalan Tentara Pelajar hingga perempatan Kawedusan. Selanjutnya, menyusuri Jalan HM Sarbini dan kembali ke Alun-alun Kebumen melalui PLN lama.

    "Dengan lomba ini, kami bermaksud menggelorakan semangat nasionalisme kepada anak-anak terkait dengan peringatan HUT kemerdekaan RI," tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top