• Berita Terkini

    Thursday, August 17, 2017

    Linmas Bumirejo Siap Perangi Terorisme

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Perang terhadap ancaman yang berpotensi mengganggu keamanan masyarakat tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun harus melibatkan seluruh elemen masyarakat hingga lingkungan terkecil yakni RT. Menyadari hal tersebut, pemerintah Kelurahan Bumirejo Kecamatan Kebumen menggelar pelatihan bagi para anggota Linmas setempat, Senin (14/8/2017)

    Sebanyak 40 anggota Linmas antusias mengikuti kegiatan penyiapan Tenaga Pengendalian keamanan dan Kenyamanan Lingkungan yang digelar di aula kantor kelurahan setempat di Jl HM Sarbini. Peserta pun antusias mengikuti pelatihan yang menghadirkan narasumber Danramil Kebumen, Kapten Anifudin tersebut.

    Lurah Bumirejo, Bibit Agus Nugroho di sela-sela kegiatan menyampaikan, selain dari Koramil kegiatan kemarin juga menghadirkan unsur Polri dalam hal ini Polsek Kebumen. Kegiatan semacam ini menjadi upaya pihak kelurahan untuk meningkatkan kapasitas para anggota Linmas dalam ikut serta menjaga keamanan lingkungan masing-masing dan dari ancaman yang bisa memicu disintegrasi. Seperti ancaman  terorisme peredaran gelap narkoba bahaya ajaran radikalisme komunisme dan intoleransi.

    "Para anggota Linmas ini menjadi ujung tombak untuk mencegah dan mengantisipasi gangguan keamanan tersebut. Apalagi, daerah kami banyak tempat kost dan kontrakan sehingga memungkinkan banyak warga luar daerah masuk ke wilayah kami," ujar Lurah Bibit.

    Yang membuat Lurah Bibit bangga, anggota Linmas di daerahnya sangat solid. Mereka selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan baik dalam pengamanan swakarsa maupun dalam ikut serta melakukan pengawasan lingkungan. "Padahal mereka sudah tergong sepuh dari sisi usia. Maka sudah menjadi kewajiban kami dapat memberi perhatian kepada mereka," katanya..

    Perhatian ini menjadi penting, di tengah minimnya perhatian dari Pemkab Kebumen. "Kami berharap ada perhatian lebih kepada Anggota Linmas. Peran mereka tak kecil dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif di masyarakat," imbuhnya.

    Untung (60), salah satu peserta pelatihan Bumirejo mengaku sangat berterimakasih kepada pihak kelurahan yang memiliki kepedulian besar kepada mereka. Untung mewakili rekan-rekannya, mengaku siap membantu pemerintah dalam upaya menjaga situasi keamanan dan mengantisipasi dini ancaman gangguan di masyarakat. "Kami selalu siap kapanpun dibutuhkan," ujarnya.

    Sementara itu, Kapten Anifudin mendorong para Linmas untuk dapat menjaga kerukunan dan keamanan masyarakat. "Kalau ada sesuatu yang mencurigakan, mereka diharapkan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait baik pihak kelurahan, Polsek atau Koramil," ujarnya. (mam/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top