• Berita Terkini

    Wednesday, August 30, 2017

    Lima Calon Bakal Ramaikan Pilkades Ayamputih

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebanyak lima calon bakal bersaing di gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren. Jelang hari pencobosan pada 6 September, kelima calon itu menyatakan siap melaksanakan Pilkades bersih tanpa wuwuran.

    Ketua Panitia Pilkades Ayamputih Tugiman (51) menyampaikan, kelima calon kades (cakades) Ayamputih, masing-masing Slamet, Ratimin, Sunarto, Sarja dan Karsino. "Sudah tercapai kesepakatan diantara para calon untuk  tidak muwur,” kata Tugiman, kemarin (29/8/2017).

    Tugiman mengatakan, masyarakat di wilayahnya antusias menyambut hari pemilihan calon pemimpin di tingkat desa mereka itu. Dalam beberapa hari terakhir, warga melakukan tradisi "moyogan" atau berkunjung ke rumah calon para kepala desa yang memang menggelar "open house" .

    Tugiman mengatakan, moyogan merupakan bentuk silaturahmi masyarakat kepada para calon kepala desa. “Itu bentuk silaturahmi, mudah-mudahan suguhan yang diberikan saat moyogan bukan termasuk dalam pemberian yang melanggar aturan. Sebab sudah menjadi tradisi bahwa tuan rumah akan menjamu para tamu,” paparnya.

    Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kebumen, Asep Nurdiana, menyampaikan harapannya agar Pilkades di Kebumen tahun 2017 ini berlangsung lancar dan sesuai jadwal.

    Hingga kemarin, lanjut Asep Nurdiana, sudah ada 157 calon kades yang siap mengikuti Pilkades di 49 desa pada 6 September mendatang. Adapun tahapan Pilkades selanjutnya, masa kampanye hingga 4 September dan pencoblosan sekaligus penetapan cakades terpilih 6 September. Pelantikan para calon kades akan digelar pada 30 September.

    Asep Nurdiana mengatakan, pada Pilkades 2017 ini telah digencarkan  pilkades tanpa wuwuran. Bukan hanya melalui spanduk, larangan wuwur juga disampaikan dalam bentuk sosialisasi dan pernyataan komitman bersama antar panitia dan para calon kepala desa. Para calon kades juga sudah melakukan komitmen bersama untuk tidak muwur di mapolres Kebumen. (mam/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top