• Berita Terkini

    Wednesday, August 9, 2017

    Lelang Jabatan Sepi Peminat, ini Kata Bupati Kebumen

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Seleksi lelang jabatan pimpinan tinggi pratama (Eselon II) di lingkungan Pemkab Kebumen masih sepi peminat. Hingga hari ketiga pendaftaran kemarin, Rabu (9/8/2-17) belum ada satu pun PNS yang mendaftar.

    Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pemkab Kebumen, Mahmud Fauzi, mengatakan sudah menjadi kebiasaan ketika diawal agenda sepi pendaftar. Hal ini menurutnya, para calon peserta lelang jabatan kemungkinan masih menyiapkan persyaratannya?.

    "Ini kan baru dibuka tiga hari. Masih ada waktu dua minggu. Nanti begitu mendekati deadline banyak yang mendaftar,” kata Mahmud Fauzi, kepada Kebumen Ekspres, usai acara sosialisasi pelaksanaan seleksi terbuka lelang jabatan di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Bupati Kebumen, Rabu (9/8).

    Pria yang juga Plt Sekda ini mengaku optimis, lelang untuk lima jabatan tinggi di lingkungan Pemkab Kebumen selesai dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

    Bupati Kebumen, yang hadir langsung pada sosialisasi tersebut berharap jumlah pendaftar akan banyak dan transparan. "Yang kita harapkan lelang terbuka ini banyak peserta, transparan. Sehingga kita dapat memperoleh pejabat yang terbaik untuk masyarakat," kata Mohammad Yahya Fuad.

    Bupati juga berharap di lingkungan Pemkab Kebumen ada 91 pejabat eselon III yang memenuhi syarat. Mereka diharapkan dapat mendaftarkan diri sebelum masa penutupan berakhir. "Yang kita harapkan orang yang terpilih nantinya benar-benar tepat untuk jabatan masing-masing," tegasnya.

    Sejumlah jabatan yang dilelang, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Kemudian, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

    Pendaftaran lelang jabatan itu dilayani di Kantor BKPPD Kebumen. Adapun tahapan lelang jabatan untuk lima jabatan tinggi. Yakni Pendaftaran 7-23 Agustus 2017 mendatang. Kemudian, seleksi administrasi pada 24 Agustus 2017,  pengumuman hasil seleksi administrasi 25 Agustus 2017.

    Uji kompetensi 28-30 Agustus 2017, pengumuman hasil uji kompetensi 31 Agustus 2017. Uji gagasan (penyampaian visi, misi dan program kerja) 4–6 September 2017. Pengumuman hasil uji gagasan 7 September 2017.

    Selanjutnya, rapat tim pansel (pembahasan hasil uji kompetensi, uji gagasan dan rekam jejak) 8 September 2017. Sedangkan, penyerahan nama-nama hasil seleksi kepada Bupati Kebumen 11 September 2017 mendatang.

    Sedangkan, peryaratannya, berstatus PNS di lingkungan pemerintah kabupaten/kota atau provinsi di Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Usia maksimal 56 tahun pada 23 Agustus 2017. Menduduki jabatan Administrator (eselon III) paling singkat dua tahun atau sedang menduduki jabatan fungsional paling rendah jenjang ahli madya paling singkat dua tahun.

    Selanjutnya, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama lima tahun. Menduduki pangkat paling rendah Pembina golongan ruang IV/a, berpendidikan paling rendah Diploma IV (DIV) atau Sarjana (S1). Telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat III, kecuali pejabatfungsional.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top