• Berita Terkini

    Saturday, August 19, 2017

    Jamaah Haji Kebumen Gelar Upacara 17 Agustus di Arafah

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Peringatan detik-detik proklamasi, Kamis (17/8/2017) tak hanya digelar di Indonesia saja. Di berbagai belahan dunia lain, warga Indonesia, termasuk warga Kebumen juga menggelar peringatan yang menjadi puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI.

    Seperti upacara peringatan Kemerdekaan yang digelar jamaah haji asal Kebumen di Jabal Rahmah Arofah Arab Saudi, tepat pada 17 Agustus kemarin. Upacara diikuti sedikitnya 120 jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Haramain dan KBIH Muslimat NU.

    Upacara bendera dipimpin Kyai Mustangin asal Kalijaya Alian yang merupakan pengurus MWC NU Kecamatan Alian.

    “Niat jamaah menggelar upacara bendera adalah untuk meneguhkan kembali komitmen kesetiaan kepada NKRI,” ucap pembina KBIH Al Haramain Drs H Dawamudin kepada Ekspres, kemarin.

    Dawamudin menuturkan, upacara bendera berjalan hikmat dan penuh haru. Cuaca yang cukup terik tak mengurangi semangat jamaah haji kloter 58 Kebumen ini untuk mengikuti upacara. Pada upacara itu juga dilakukan pembacaan naskah teks proklamasi, Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Pengibaran bendera merah putih juga dilakukan. Namun karena tak ada fasilitas tiang, sang saka merah putih dikibarkan dengan cara dipegang jamaah haji.

    Menurut Dawamudin, pada upacara tersebut juga dilakukan doa bersama demi tegaknya NKRI serta maju dan sejahteranya Kabupaten Kebumen. Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini jamaah haji tengah dalam tahap menunggu pelaksanaan wuquf pada 9 Dzulijah mendatang sehingga mereka relatif memiliki waktu luang banyak. (has)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top