• Berita Terkini

    Tuesday, August 8, 2017

    Ini Rangkaian Acara Pemkab Kebumen Dalam Rangka Pitulasan 2017

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Pemkab Kebumen menggelar berbagai rangkaian kegiatan. Termasuk Festival Kaliputih Sempor, yakni sebuah event yang berbasis wisata sungai. Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung pada Sabtu- Minggu, 26-27 Agustus 2017.

    Festival Kaliputih akan dimeriahkan dengan pasar rakyat, panggung budaya serta  ketoprak bocah. Kegiatan lainnya adalah lomba kano, Grebeg Kaliputih, serta  susur sungai.

    Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) sekaligus Ketua Seksi Lomba  Peringatan HUT RI-72 Kabupaten Kebumen, Azam Fatoni, dalam jumpa pers di Gedung Press Center Kebumen, Senin (7/8/2017).

    Azam mengatakan Kegiatan lainnya adalah Event Piet Van Der Wijck, yang akan berlangsung pada Sabtu-Minggu (12-13 Agustus 2017), bertempat di Benteng Van der wijck Gombong. Kegiatan para peminat sepeda tua tersebut diperkirakan akan diikuti sekitar 5000 peserta, dari dalam dan luar kota.  Sebelumnya akan dilakukan pelantikan pengurus KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Cabang Kebumen.

    Selain mengundang  peserta  dari luar kota, event tersebut  juga akan menghadirkan para penjual klithikan (suku cadang sepeda tua) dari dalam dan luar kota. Untuk mendaftar sebagai peserta dikenai biaya pendaftaran Rp 10.000, sudah termasuk  tiket masuk ke Benteng Van der wijck.

    Piet Van Der Wicjk , start di Benteng Van der Wijck - Sedayu - Bejiruyung- Jatinegara-Semanding-Jalan sempor lama- jalan Yos Sudarso- Kauman (jalan Dewi Sartika)- SMP1 Gombong- belok kiri  masuk lapangan Selogiri -  Kerkop -  hingga  tiba kembali ke finish Benteng Van Der Wicjk.

    Dan yang paling ditunggu masyarakat Kebumen, yaitu karnaval pembangunan akan berlangsung pada Minggu (20/8). Karnaval yang biasanya dilaksanakan pada siang hari, dirubah menjadi  pagi hari, yakni pukul 08.00 WIB. Sebelum karnaval, terlebih dahulu akan digelar karnival. Karnaval dan karnival akan diikuti  oleh semua lapisan.

    Rute  karnival, dimulai Disporawisata di Jalan Pahlawan Kebumen, dengan finish di Meotel Kebumen Jalan Ahmad Yani.  Sedangkan rute karnaval pembangunan,  start depan Gedung DPRD Kebumen- Jalan Pahlawan - Tugu Lawet- Jalan A Yani- lampu kuning- Tentara Pelajar- Jalan Sarbini- Jalan Pahlawan serta  finish Alun-alun kebumen.

    Peserta karnaval akan diikuti seluruh OPD, instansi vertikal, kecamatan, BUMD, organisasi masyarakat, sekolah  dan perguruan tinggi, perusahaan, komunitas-komunitas  serta organisasi-organisasi lainnya.

    Sementara jenis lomba bagi para siswa, diantaranya Lomba menghafal  Pembukaan UUD 1945 tingkat SD/MI  pada Selasa (8/8) bertempat di halaman Dinas Pendidikan. Adapun lomba olahraga, terdiri dari lomba PBB bagi tingkat SMP dan SMA di alun-alun Kebumen  dan gerak jalan di halaman Pendopo Bupati pada tanggal 9-10 agustus 2017. Serta  lomba lari tingkat SMP dan SMA  di halaman Pendopo Bupati pada Sabtu ( 12/8).(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top