• Berita Terkini

    Sunday, August 6, 2017

    Harus "Setor Kantor", Alasan Tukang Parkir Alun-alun Naikkan Tarif

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Gelaran road race di alun-alun Kabupaten Kebumen, Minggu (6/8/2017), langsung disambut gembira sejumlah tukang parkir. Mereka berharap, datangnya penonton akan meningkatkan pendapatan mereka dari hasil parkir.

    Demi meraup untung sebanyak-banyaknya, mereka menaikkan tarif parkir sepihak bahkan mencapai 100 persen. Yakni dari Rp 1000 menjadi Rp 2000. Anehnya, mereka mengaku kenaikan tarif tersebut tak otomatis membuat mereka untung besar.

    Nur (35) salah satu tukang parkir ini salah satunya. Ditemui kemarin (6/8/2017), dia mengakui telah menaikkan harga parkir secara sepihak bahkan harus kucing-kucingan dengan petugas. Dan, dia tahu itu  melanggar aturan. Namun, dia tetap nekat menaikkan tarif parkir lantaran tukang parkir lain juga melakukan hal serupa.

    Selain itu, Nur mengatakan, uang hasil dari parkir tak seluruhnya dia nikmati sendiri. Melainkan harus dia setor kepada sejumlah pihak. Diantaranya untuk keamanan resmi Rp 50 ribu, keamanan  tidak resmi Rp 100 ribu, Kantor Rp 70 ribu, sedangkan ke Dishub Rp 200 ribu. Sayangnya saat disinggung siapa yang dimaksud kantor, keamanan resmi dan tidak resmi, Nur enggan menjelaskan

    Yang jelas, kata dia, setiap ada keramaian di alun-alun, ada banyak pihak yang meminta setoran kepada tukang parkir seperti dirinya. Adanya setoran itu, menjadi alasan mereka kerap menaikan tarif.

    "Sudah menaikkan tarif saja, kami tak dapat penghasilan berarti. Kalau tidak menaikan tarif, kami pasti tidak akan mendapatkan apa-apa,” katanya.

    “Yang senang itu yang minta jatah Mas…. Kami di sini panas-panasan hingga pusing, penghasilannya tetap saja dengan hari biasa. Adapun jika ada tambahan tidaklah seberapa,” keluhnya.

    Dari penelusuran Ekspres, memang terdapat tukang parkir yang menarik Rp 3.000 untuk sepeda motor, meski pun nominal tersebut tidak ditulis pada karcis yang diberikan kepada pengguna. Pada Karcis hanya tertulis “Parkiran Kauman Boomen’s”. Nomor parkir dan keterangan “Kerusakan dan Kehilangan Bukan menjadi Janggung Jawab  Kami”. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top