• Berita Terkini

    Thursday, August 3, 2017

    Gempa Cilacap Kagetkan Warga Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter yang terjadi 78 KM barat daya Kabupaten Cipacap, Kamis malam (3/8/2017) sekitar pukul 23.14 WIB terasa di Kebumen. Sejumlah warga merasakan goncangan lumayan keras.

    "Saya lagi tidur belum pulas, tiba tiba suara genting pada bergerak "kretek kreteek" dibarengi ranjangnya bergerak, saya langsung sadar ada gempa bangunan ibu," kata Umi Ngafifatul (21) warga Desa Muktisari Kebumen, tadi malam.

    Sejumlah warga pun mengungkapkan hal sama. Di Kecamatan Buayan, gempa dirasakan cukup keras. Termasuk warga daerah perkotaan ikut merasakan. "Lampu sempat bergoyang-goyang. Gempa berlangsung sekitar 10 detik," kata Ruri, warga Wonosari, Kecamatan Kebumen.

    "Saya lagi duduk tiba tiba kursinya bergoyang, saya pikir saya ngantuk tapi air kopi dalam gelas juga ikut bergerak ehh ternyata gempa," kata Amad (23) warga Desa Kutosari Kebumen.

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Drs Muhyidin, melalui Bako Humas Heri Purwoto megnatakan, Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter yang terjadi 78 KM barat daya Kabupaten Cilacap berpusat di lokasi 8.41 LS (Lintang Selatan), 108.99 BT (Bujur Timur) dengan kedalaman 22 KM dibawah permukaan laut. Gempa tidak berpotensi tsunami

    Heri menambahkan, masyarakat untuk tetap selalu was pada akan gejala alam gempa bumi, dan ia menghimbau jika terjadi gempa masyarakat untuk keluar rumah atau berlindung ditempat yang aman. "Kalo ada gempa sebaiknya keluar rumah, lindungi kepala dari barang barang yang ada diatas kita, upayakan cari titik kumpul aman seperti tanah lapang," katanya.(saefur/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top